Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Toleransi Antarumat Beragama di Indonesia

Authors

  • feriyanto SDN 142 Rejang Lebong

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, toleransi, antarumat beragama, karakter, keberagaman, Indonesia.

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter toleransi antarumat beragama di Indonesia, sebuah negara dengan keragaman agama yang tinggi. Tujuan utama PAI adalah untuk menanamkan nilai-nilai agama yang tidak hanya mencakup pemahaman teologis, tetapi juga sikap inklusif dan toleran terhadap keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran PAI dalam membangun karakter toleransi melalui pendekatan pembelajaran berbasis nilai. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis bagaimana materi PAI di sekolah-sekolah di Indonesia diterapkan untuk mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati antarumat beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAI yang dirancang dengan pendekatan integratif dan dialogis efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang pentingnya sikap toleransi dan hidup berdampingan secara harmonis. Pembelajaran berbasis pengalaman dan refleksi dalam PAI juga memungkinkan peserta didik untuk memahami pentingnya keberagaman dan mempraktikkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, PAI berperan strategis dalam mendukung upaya menciptakan masyarakat yang harmonis dan toleran di Indonesia.

References

Ani, Destri, Dewi Purnama Sari, and Rini Puspita Sari. “Behavioral Learning Theory Applied In PAI Learning At Sdit Juara.” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 15, no. 1 (2023): 41–48. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.786.

Azis, A M. “Upaya Meningkatkan Creative Intelegence (Kecerdasan Kreatif) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik.” JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN …, 2019. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/75.

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Bungin, B. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Hiqmatunnisa, Hani, and Ashif Az Zafi. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning.” Jipis 29, no. 1 (2020): 29. https://doi.org/10.33592/jipis.v29i1.546.

Kerukunan, Membangun, Antarumat Beragama, Budaya Lokal, Menyama Braya, Denpasar Bali, and Kunawi Basyir. “Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Berbasis Budaya Lokal Menyama Braya Di Denpasar Bali.” Religió Jurnal Studi Agama-Agama 6, no. 2 (September 2016): 186–206. https://doi.org/10.15642/RELIGIO.V6I2.603.

Mizani, Zeni Murtafiati. “Inclusive-Pluralistic Islamic Religious Education Model As an Alternative To Investing the Values of Religious Moderation.” Muslim Heritage 7, no. 2 (2022): 487–504. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i2.5018.

Nanjar, H. Pemanfaatan Multimedia Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Di Madrasah Aliyah Daarul Mu’minin As’ Adiyah No. 12 Doping …. repositori.uin-alauddin.ac.id, 2018. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17488/.

Pitaloka, Deffa Lola, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (January 2021): 1696–1705. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.972.

Priyono, B, and S Ubaidila. “Implementasi Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pai Kelas X Semester Genap Di SMK Al Huda Kediri.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan …, 2018. http://www.ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/693.

Sakka, L. “Problematika Pemanfaatan Buku PAI Sekolah Dasar Negeri 5 Dan Sekolah Dasar Negeri 58 Di Kota Parepare.” PUSAKA, 2015. https://blamakassar.e-journal.id/pusaka/article/view/136.

Sumarto, Sumarto, and Emmi Kholilah Harahap. “Pemahaman Nilai – Nilai Moderasi Beragama Dan Kebangsaan Melalui Kegiatan Diklat Kementerian Agama RI Dalam Muwujudkan ASN Moderat Studi Di Balai Diklat Keagamaan BDK Palembang.” Jurnal Literasiologi 7, no. 1 (2021): 1–13. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i1.271.

Susanti, R. Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Ketika Berkomunikasi DI SMP Muhammadiyah 3 Medan. repository.uinsu.ac.id, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15069.

Syaikhul Alim, Muhamad, and Achmad Munib. “Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim 9, no. 2 (2021): 263–85.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles