Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Radikalisme di Kalangan Remaja

Authors

  • annis SDN 162 Rejang Lebong

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Radikalisme, Remaja, Moderasi, Pencegahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mencegah radikalisme di kalangan remaja. PAI diharapkan mampu membentuk pemahaman agama yang moderat dan toleran, sehingga dapat menjadi benteng terhadap pengaruh ideologi radikal yang sering menyasar generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitis, di mana data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru PAI, observasi proses pembelajaran, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAI yang diterapkan dengan pendekatan inklusif dan berfokus pada nilai-nilai toleransi, kasih sayang, dan kedamaian, efektif dalam membentuk sikap remaja yang moderat dan kritis terhadap paham radikal. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pelatihan guru dan minimnya bahan ajar yang mendukung pendidikan moderasi. Dengan demikian, peningkatan kompetensi guru dan pengembangan bahan ajar yang relevan menjadi kunci dalam mengoptimalkan peran PAI sebagai instrumen pencegahan radikalisme.

References

ANITA, N I M. PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA DI MTS AL-KHORIYAH MENANTI KABUPATEN MUARA …. eprints.radenfatah.ac.id, 2017. http://eprints.radenfatah.ac.id/3289/.

Astriyani, R, M Tahir, and M M Salam. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Seling: Jurnal Program …, 2023. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1717.

Baharun, H. “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model Assure.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan …, 2016. http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/610.

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Dayak, Masyarakat, Kalimantan Tengah, Dakir Iain, and Palangka Raya. “Pengelolaan Budaya Inklusif Berbasis Nilai Belom Bahadat Pada Huma Betang Dan Transformasi Sosial Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah.” Religió Jurnal Studi Agama-Agama 7, no. 1 (March 2017): 28–54. https://doi.org/10.15642/RELIGIO.V7I1.707.

Fauziyah, N L, N Nabil, and A Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami …, 2022. http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2092.

Fitriani, S. “Hubungan Kemampuan Komunikasi Pendidik Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 9 Pariaman.” Mau’izhah. ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id, 2021. http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/72/69.

Ghufron, M Nur. “PERAN KECERDASAN EMOSI DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA.” FIKRAH 4, no. 1 (June 2016): 138–53. https://doi.org/10.21043/fikrah.v4i1.1664.

Hasan, A, A Aslan, and U Ubabuddin. “Kurikulum Pai Tematik Dalam Pembentukan Akhlaq Anak Sholeh Pada Usia Dini.” Cross-Border, 2021. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/672.

Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV., 2018.

Kadir, A. “Penyelenggaraan Sekolah Inklusi Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic …, 2015. http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/37.

Muchith, M S. “Guru PAI Yang Profesional.” Quality, 2017. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/2121.

Novita, N D, and M N Hadi. “Efektivitas Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di SMA Negeri 1 Pandaan.” Jurnal Al-Murabbi, 2019. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1432.

Ratnawati, S R, and W Werdiningsih. “Pemanfaatan E-Learning Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAI Di Era Revolusi Industri 4.0.” Belajea: Jurnal Pendidikan …, 2020. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/1429.

Rohana, S R S. “Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19.” … Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 2020. http://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/441.

Rusby, Z, N Hayati, and I Cahyadi. “Upaya Guru Mengembangkan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran Fiqih Di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar.” Jurnal Al-Hikmah, 2017. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/17970.

Saleh, M. “Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning.” … ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan …, 2013. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/497.

Suhardin, S. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning Dan Integreted Instructional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tentang Zakat.” Edukasi. download.garuda.kemdikbud.go.id, 2018. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=766274&val=10615&title=PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DAN INTEGRETED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TENTANG ZAKAT.

Wirabhakti, A. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Muatan Lokal Program Kepesantrenan Di Sekolah.” … : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2021. https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/nizamulilmi/article/view/92.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles