Dampak Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam terhadap Kreativitas Siswa.

Authors

  • rosma SDN 2 Melayu Besar

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendidikan Agama Islam, Kreativitas Siswa, Metode Eksperimen, Inovasi Pendidikan.

Abstract

:.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan agama Islam terhadap kreativitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara yang melibatkan siswa sekolah menengah sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kreativitas siswa. Pembelajaran ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja secara kolaboratif, dan mengembangkan ide-ide baru dalam konteks materi pendidikan agama Islam. Dengan adanya implementasi metode ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan inovatif, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas siswa secara menyeluruh.

References

Abidin, Y. “Pembelajaran Multiliterasi.” Bandung: PT Refika Aditama. repo.iain-tulungagung.ac.id, 2015. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/16057/5/BAB II.pdf.

Anggraini, S. Penerapan Metode Modeling the Way Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Muhammadiyah I …. digilib.iain-palangkaraya.ac.id, 2020. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2993.

Ani, Destri, Dewi Purnama Sari, and Rini Puspita Sari. “Behavioral Learning Theory Applied In PAI Learning At Sdit Juara.” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 15, no. 1 (2023): 41–48. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.786.

Arif, S. “Profesionalisme Pengawas Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan …, 2018. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/article/view/1917.

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

Halwing, H. “Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an-Hadis Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Madrasah Aliyah.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2021. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/2039.

Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.

Iskandar, Dudi. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by M Dawani, Iqbal. Maghza Pustaka, 2022.

Jailani, M. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Di Pondok Pesantren.” Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan …, 2022. http://journal.iistr.org/index.php/PBPSP/article/view/10.

Lestari, Y, A Armida, and D Lubis. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar Negri 155/1 Desa Sungai Buluh Kecamatan Muara Bulian. repository.uinjambi.ac.id, 2019. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1466.

Maryani, E. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SD Negeri Se-Kecamatan Tegineneng Kabupaten …. repository.metrouniv.ac.id, 2017. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3228/.

Marzuki, Ahmad. “Model-Model Pembelajaran PAI Inovatif Dan Kontekstual.” Tarbiyah 1, no. 1 (2017): 103–16.

Mere, J C D. STRATEGI PEMBELAJARAN DIERA ABAD 21. osf.io, 2022. https://osf.io/preprints/dmq8t/.

Mgs, N. “Problem Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mahasiswa Magang Madrasah Aliyah Paradigma Palembang.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2020. http://repository.radenfatah.ac.id/7226/.

Mirsal, M, D P Oskar, and A Anggawira. Meningkatkan Kreativitas Siswa Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Pembelajaran Abad 21. repository.upiyptk.ac.id, 2023. http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/3830.

Nuris, M. “Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Pada SMP Negeri Di Kecamatan ….” repository.iainpare.ac.id, 2018. http://repository.iainpare.ac.id/515/1/15.0211.030.pdf.

Putra, G B, and E J J Atmaja. “Pedampingan Penggunaan Sistem Informasi Profil Desa Banyuasin Berbasis Internet Dan Aplikasi Mobile.” Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada …. academia.edu, 2021. https://www.academia.edu/download/82228696/pdf.pdf.

Rafik, M, V P Febrianti, A Nurhasanah, and ... “Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Pembelajaran …, 2022. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/26342.

Ripai, I, and N Sutarna. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2019. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/167.

Robikhah, A S. “Paradigma Pendidikan Pembebasan Paulo Freire Dalam Konteks Pendidikan Agama Islam.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2018. https://www.journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/3.

Santoso, T D P. “Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Penguat Audio Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based ….” Cakrawala: Jurnal Pendidikan. download.garuda.kemdikbud.go.id, 2022. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2577136&val=24157&title=Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Penguat Audio Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Project Based Learning di SMKN 1 Adiwerna.

Umam, Muhamad Khoirul. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.” Inarxiv, 2018. https://osf.io/preprints/inarxiv/vxd9g/.

Wheatley, S. Sayyid Qutb: The Life and Legacy of a Radical Islamic Intellectual. academic.oup.com, 2015. https://academic.oup.com/jcs/article-abstract/57/1/157/864733.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles