Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • ice SDIT Khoiru Ummah

Keywords:

pengembangan karakter, Pendidikan Agama Islam, sekolah dasar, nilai-nilai agama, akhlak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan karakter siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar. Karakter siswa merupakan fondasi penting dalam pembentukan kepribadian yang baik. Dalam konteks ini, PAI tidak hanya berfungsi sebagai pengajaran tentang nilai-nilai agama, tetapi juga sebagai sarana untuk membentuk akhlak dan sikap positif siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis studi kasus di beberapa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai agama dalam kegiatan pembelajaran efektif dalam membentuk karakter siswa, seperti disiplin, toleransi, dan empati. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PAI memiliki peran strategis dalam mendukung pengembangan karakter yang baik di kalangan siswa SD.

References

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Hasibuan, Hamdi Abdullah. “PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: INTERNALISASI NILAI TOLERANSI UNTUK MENCEGAH TINDAKAN DISKRIMINATIF DALAM KERANGKA MULTIKULTURAL.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9, no. 2 (November 2021): 440–53. https://doi.org/10.23887/JPKU.V9I2.34146.

Hastariningsih, Y. Sinergi Pengawas Dan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Guru PAI Di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. dspace.uii.ac.id, 2017. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5035.

Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.

Iskandar, Dudi. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by M Dawani, Iqbal. Maghza Pustaka, 2022.

Mizani, Zeni Murtafiati. “Inclusive-Pluralistic Islamic Religious Education Model As an Alternative To Investing the Values of Religious Moderation.” Muslim Heritage 7, no. 2 (2022): 487–504. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i2.5018.

Prastowo, A. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. books.google.com, 2017. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=_JBBDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR17&dq=mengambangkan+kemampuan+komunikasi+dalam+pai&ots=sCZQDfsJ4X&sig=aFjytK-AwU074aCUUUTuyR6DvNQ.

Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).

Rahayu, D, and A Fathoni. Pendidikan Karakter Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 2 Sukorejo. eprints.ums.ac.id, 2020. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87849.

Rahmahyani, R. “KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KESATRIA MEDAN.” J-PARIS: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan …, 2020. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jparis/article/view/3292.

Ratnawati. “Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018, 1–11.

Suprapto, S. “Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Edukasi, 2020. https://www.neliti.com/publications/378453/integrasi-moderasi-beragama-dalam-pengembangan-kurikulum-pendidikan-agama-islam.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles