Peningkatan Hasil Belajar Pai Melalui Penerapan Metode CTL (Contextual Teaching Learning) Peserta Didik Kelas III SD Negeri 1 Fajarbaru

Authors

  • Ambar Sulasih SD Negeri 1 Fajarbaru Provinsi Lampung

Keywords:

Hasil Belajar, PAI, Metode CTL (Contextual Teaching Learning

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang kurang dibuatnya pembelajaran PAI dengan metode yang menarik, menantang dan menyenangkan. Para guru seringkali menyampaikan materi PAI apa adanya (konvensional), sehingga pembelajaran PAI cenderung membosankan dan kurang menarik sehingga mengakibatkan rendahnya nilai mata pelajaran PAI kelas III SDN 1 Fajarbaru. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai innovator pembelajaran, peningkatan kreatifitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan sehingga tujuan penelitian inidapat tercapai yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik kelas III SDN 1 Fajarbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan siklus berdaur ulang yang terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui metode CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes prestasi yang dilakukan. Peningkatan kemampuan siswa pra siklus yaitu 36,66 % meningkat menjadi 60% pada siklus Idan 86,66% pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditegaskan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode CTL (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Kelas III SDN 1 Fajarbaru

References

B.Johnson, Elaine. Contextual Teaching & Learning. Bandung : MLC, 2007.

Hamidi. Metode Penelitian Kualitatif Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press, 2005.

Hasan, M. Iqbal. Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Hopkins,David . A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press, 1993.

Jannah,Wahyu Miftahul. Peningkatan Pembelajaran Kemampuan Berbicara melalui The Role Playing Model di Kelas III SDN Selodono”. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Fakultas Pendidikan Universitas Malang, 2009.

Kementerian Pendidikan Nasional. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI (KTSP). Jakarta: Depdiknas KKPS Kabupaten Malang

M. Suparta dan Herry Noer Aly. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Amis-sco, 2005.

Marzuki. Metodologi Riset. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII, 1989.

Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI. Press,1992.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Soemantri, Numan. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Wahidmurni,Nur Ali. Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama dan Umum dari Teori menuju Praktik disertai Contoh Hasil Penelitian. Malang: UM Press, 2008.

Yunus,Mahmud. Terjemah Al-Karim, Bandung : Al-Ma’arif, 1984.

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles