Pentingnya Moderasi Beragama dalam Pembentukan Nilai Karakter Anak
Keywords:
Moderasi Beragama, Nilai KarakterAbstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pentingnya Moderasi Beragama dalam Pembentukan Nilai Karakter Anak. Jenis Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka atau library research. Penelitian pustaka merupakan penelitian yang menggunakan jurnal, buku-buku serta majalah yang berhubungan dengan kajian penelitian yang diangkat sebagai data primer untuk dijadikan sebagai sumber referensi (sutrisno, 1990: 9). Adapun hasil temuan pada penelitian ini yaitu Berkaitan dengan ciri-ciri moderasi beragama jelas bahwa adanya pembentukan nilai-nilai karakter dalam semua aspek ciri-cirinya. Oleh karena itu besar dampaknya moderasi beragama ini dalam pembentukan nilai karakter. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa nilai karakter bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir, melainkan dibentuk oleh beberapa faktor. Kemudian dalam pembentukan karakter anak,penting sekali menanamkan sikap moderat dan toleransi antar umat beragama agar dapat saling menghormati.Moderasi beragama dapat dilakukan oleh orang tua sendiri, namun toleransi orang tua mempunyai pengaruh yang besar terhadap anak. Dan anak akan lebih memahami perbedaan yang ada di lingkungannya.Orang tua harus mengajarkan kepada anak bahwa mereka tidak boleh saling membenci karena perbedaan yang ada, namun harus saling menghargai dan peduli terhadap perbedaan yang ada
References
Azra, Azyumardi, Islam Indonesia Inklusif Vs Eksklusif: Dinamika Keberagamaan Umat Muslimin, Makalah untuk Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah, Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta, 6 Juni 2017.
Bakir,M.,& Othman,K. (2017). A Conceptual Analysis of Wasatiyyah (Islamic Moderation-IM) from Islamic Knowledge Management (IKM)Perspective. Revelation and Science, 7(1),21-31
Departemen Agama RI, Moderasi Islam, (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran, 2012), hlm. 20-2
Fauzi, Ahmad. "Moderasi Islam, Untuk Peradaban Dan Kemanusiaan." Jurnal Islam Nusantara 2.2 (2018), hlm, 233
Lickona, T. (1991). Educating For Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Raghib al-Ashfahani, Mufradat Alfazh Al-Quran (Beirut: Dar Al-Qalam, 1992), h. 513
Sutrisno, Metodologi Research III (Yogyakarta: Andi Offest, 1990), h. 9
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 zorawulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.