Peningkatan Hasil Belajar Menyebutkan Nama-Nama Rasul Allah Melalui Teknik Bernyanyi Pada Siswa Kelas 5 SDN 2 Jambar Kuningan
Keywords:
Hasil Belajar; Nama-nama Rasul Allah SWT; Teknik BernyanyiAbstract
Penelitian Tindakan kelas ini penulis buat berdasarkan hasil evaluasi atas proses pembelajaran, pada siswa Kelas 5 SDN 2 Jambar semester II tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 15 anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Nama-nama Rasul Allah SWT. Dalam evaluasi atas proses pembelajaran tersebut untuk pra siklus, nilai yang diperoleh siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Standar ketuntasan minimal nilai siswa secara individu adalah 75, secara klasikal nilai ketuntasan minimal harus mencapai 75% dari jumlah siswa, sedangkan pada tahap pra siklus ini hanya 5 siswa (33%) yang tuntas nilainya dari 15 siswa, sedangkan sejumlah 10 siswa (67%) masih mendapatkan nilai di bawah ketuntasan minimal. Teknik bernyanyi adalah rekayasa guru dalam mengubah materi menjadi sebuah bentuk lagu dengan tujuan mempermudah proses pembelajaran dan membuat belajar menjadi menyenangkan. Syair lagu diambil dari 25 nama-nama Rasul Allah SWT yang dipelajari siswa. Berkaitan dengan hal tersebut di atas peneliti dapat memberikan gambaran tentang tujuan ini yang menyangkut berbagai aspek. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT di Kelas 5 SDN 2 Jambar Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan tahun 2021/2022 melalui teknik bernyanyi. Berdasarkan hasil tes siswa tiap siklus ( siklus I dan siklus II ) mengalami peningkatan. Dari tabel rangkuman hasil nilai siswa berdasarkan kriteria nilai juga mengalami peningkatan. Kriteria nilai kurang Prasiklus 0 %, siklus I 0 % dan siklus II 0 %. Kriteria nilai cukup Prasiklus 86 %, siklus I 54 %, dan siklus II 20 %. Kriteria nilai baik Prasiklus 14 %, siklus I 46 %, dan siklus II 66 %. Kriteria nilai baik sekali Prasiklus 0 %, siklus I 0 %, dan siklus II 14 %.
References
Mulyana, A, 2012. Pengertian Hasil Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Februari 2012 http://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/ pengertian-hasil-belajar-dan faktor.html
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64
Nasution, S. 2000. Dikdaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Resty, Ms. 2011. Bu Guru, Nyanyi Dong … Januari 2012 https://msrestyshare.word press.com/tag/bernyanyi/
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Bandung : Rajawali Pers.
Sugiharto & Afifah. Nur (2011), Pengertian Aktifitas Belajar. Januari 2012 http://id.
shvoong.com/social-sciences/education/2162643-pengertian-aktivitas-belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Animah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.