Menjaga persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman di indonesia dengan melihat relevansi piagam Madinah

Authors

  • linda Sekolah SMKN5 Kepahiang

Keywords:

Menjaga persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman di indonesia dengan piagam Madinah

Abstract

 

Keberagaman ras,suku,agama,dan budaya suatu Negara merupakan aset nasional.keberagaman ini terlihat jelas di kota madinah, dimana beberapa jenis golongan telah diatur dalam sebuah konstitusi yang di kenal dengan piagam madinah.piagam madinah adalah bukti tertulis dari kebijakan yang dibuat oleh Nabi Muhammad  SAW. Untuk mengatur hidup bersama di Madinah,tempat tinggal banyak kelompok berbeda. Begitupula dengan indonesia yang merupakan Negara majemuk yang terdiri dari beragam suku,bahasa,adat istiadat,dan agama.Penelitimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa piagam madinah ada relevansinya dengan Nilai-nilai falsafat pancasila sebagai idiologi bangsa indonesia.

References

Abzar, Muhammad. “Pendidikan Islam Multikultural Perguruan Muhammadiyah: Studi Tinjauan Literatur.” Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 19, no. 1 (2024): 81–92.

Akwan, Umbu NP. “Indonesia Yang Berbhineka Namun Tak Rukun (Sebuah Uraian Singkat Tentang Kerukunan Umat Beragama Di Indonesia Yang Ditinjau Berdasar Prinsip Ja Asamanam Apcamar, Filosofi Keseimbangan Hidup Orang Asmat): Indonesia That Is Diverse But Does Not Get Along (A Brief Description Of Religious Harmony In Indonesia Reviewed Based On The Principles Of Ja Asamanam Apcamar, The Philosophy Of Life Balance Of The Asmat People).” MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual 5, no. 1 (2024): 57–64.

Arifin, Zaenal. “Membangun Persatuan Dalam Keberagaman Dalam Perspektif Islam.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 3, no. 01 (2019). https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/3171.

Assya’bani, Ridhatullah. “Hak Asasi Manusia (HAM) Dalam Islam: Menelusuri Konsep HAM Dalam Piagam Madinah.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 18, no. 2 (2018): 152–75.

BRIA, MARIA IRENE. “PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM KEBERAGAMAN DI MASYARAKAT,” 2022. https://osf.io/preprints/ch72v/.

Cantrell, Hunter. “Tolerating the Intolerable—A Method to Prevent Radicalization.” In Peaceful Approaches for a More Peaceful World, 196–215. Brill, 2022. https://brill.com/display/book/9789004507227/BP000009.xml.

Daheri, Mirzon, Rohimin Rohimin, Alfauzan Amin, Moch Iqbal, and Idi Warsah. “Synergisticity of Family, School, and Community Education In Strengthening Religious Moderation.” TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society 10, no. 1 (2023): 117–36.

Faridah, Ika Fatmawati. “Toleransi Antarumat Beragama Masyarakat Perumahan.” Komunitas 5, no. 1 (2013). https://journal.unnes.ac.id/nju/komunitas/article/view/2368.

Fasha, Shalsabila Diah. “Moderasi Beragama: Toleransi Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Dalam Keanekaragaman Di Indonesia.” Accessed March 14, 2024. https://www.academia.edu/download/108439504/Shalsabila_Diah_Fasha_23030160035_Tugas_UAS_Mata_Kuliah_Islam_Moderasi_Beragama.pdf.

Fatimah, Triana Devi. “KEDUDUKAN BHINEKA TUNGGAL IKA UNTUK MEMPERKUKUH NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DI MASA PANDEMI,” 2021. https://osf.io/preprints/znu23/.

Fauzi, Muhammad Latif. “Konsep Negara Dalam Perspektif Piagam Madinah Dan Piagam Jakarta.” Al-Mawarid: Jurnal Hukum Islam 13 (2005). https://journal.uii.ac.id/JHI/article/view/2809.

Faza, M. Dzikrullah, Hafiz Ghulam, and Ouedraogo Saidou. “Pancasila Dan Piagam Madinah: Konvergensi Nilai-Nilai Dalam Prespektif Ideologi Negara.” Jurisprudensi: Jurnal Ilmu Syariah, Perundang-Undangan Dan Ekonomi Islam 16, no. 1 (2024): 1–18.

Hebatullah, Haniefa. “Pentingnya Tanggung Jawab Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Di Kehidupan Sehari-Hari,” 2021. https://osf.io/preprints/4m2pu/.

Jailani, Muhammad, Jagad Aditya Dewantara, and Eka Fajar Rahmani. “The Awareness of Mutual Respect Post-Conflicts: Ethnic Chinese Strategy through Social Interaction and Engagement in West Kalimantan.” Journal of Human Behavior in the Social Environment 33, no. 1 (January 2, 2023): 17–34. https://doi.org/10.1080/10911359.2021.1990170.

Maku, Hendrikus, Alfian Tanggang, Joannes George Maria, and Julio Pius Zoraida Dopo. “Cak Nur Pluralism: Criticism Of The Phenomenon Religious Intolerance In Indonesia.” International Journal Of Humanities Education and Social Sciences 3, no. 4 (2024). http://www.ijhess.com/index.php/ijhess/article/view/803.

Mandasari, Rulita, Neca Gamelia, and Nurlaili Nurlaili. “Persatuan Dalam Keberagaman.” Science and Education Journal (SICEDU) 2, no. 2 (2023): 340–45.

Mukhibat, M., Ainul Nurhidayati Istiqomah, and Nurul Hidayah. “Pendidikan Moderasi Beragama Di Indonesia (Wacana Dan Kebijakan).” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 4, no. 1 (2023): 73–88.

Mulyawan, Rico, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. “Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Di Tengah Pluralitas Masyarakat Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 9016–20.

Nst, Ahmad Husein, Andes Fuadi Dharma Harahap, and Putri Bulkis Siregar. “PENERAPAN SEMBOYAN BHINNEKA TUNGGAL IKA DI KALANGAN PELAJAR DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR PELAJAR DENGAN MATERI KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, RAS DAN ANTAR GOLONGAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SOSOPAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023.” NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 10, no. 12 (2024): 5401–13.

Pettalongi, Sagaf S. “Islam Dan Pendidikan Humanis Dalam Resolusi Konflik Sosial.” Jurnal Cakrawala Pendidikan, no. 2 (2013). http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1474.

Rahmaningsih, Aziza Aziz. “Konsep Persatuan Bangsa Dalam Piagam Madinah Dengan Konstitusi Indonesia.” Bullet: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 03 (2022): 242–49.

Sakhi, Rifqi Ghaida, and Fatma Ulfatun Najicha. “Memperkuat Integrasi Nasional Dengan Memanfaatkan Generasi Muda Dan Teknologi Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 15, no. Special-1 (2023): 529–37.

Santoso, Widi Ardian. “Persatuan Dan Kesatuan,” 2021. https://osf.io/preprints/cge3b/.

Shofirah, Nurul Hafshotus, Amiroh Hilmi Wasalma, Isti Annisa, and M. Roikul Ubbad. “Teori Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam.” MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis 2, no. 1 (2024): 197–207.

Silvia, Rani, Hendra Harmi, and Alven Putra. “Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Siswa SD Negeri 27 Lebong.” PhD Thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup, 2024. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5900.

Syahputra, Mitra Atllah, and Askana Fikriana. “Analisis Pandangn Fikih Siasah Terhadap Tindakan Terorisme: Implikasi Terhadap Keamanan Dan Keadilan Sosial.” Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah 2, no. 1 (2024): 01–16.

Wibowo, Arif Prasetyo, and Margi Wahono. “Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Untuk Memperkuat Multikulturalisme Di Indonesia.” Jurnal Civics 14, no. 2 (2017): 196–205.

Downloads

Published

2025-01-27

Issue

Section

Articles