Pentingnya Pemahaman dan Peran Guru dalam Menerapkan Model Belajar Multikultural
Keywords:
Guru, Tugas Guru, Multi KulturalAbstract
This study analyzes the role of teachers in implementing multicultural education in Indonesia. Teachers are expected to facilitate an inclusive learning environment that respects diversity. Through practical steps such as building awareness of equality, promoting substantial democracy, and fostering gender equality, multicultural education is expected to strengthen students' awareness of social and cultural diversity. Implementing values of democracy, equality, and tolerance is crucial in creating an inclusive and harmonious learning environment amidst Indonesia's diversity. Adobe Garamond Pro
References
Abidin, Zaenal, ‘Menanamkan Konsep Multikulturalisme Di Indonesia’, Jurnal Dinamika Global, 1.02 (2016), 135 <https://doi.org/10.36859/jdg.v1i02.24>
Amin, Muh, ‘PENDIDIKAN MULTIKULTURAL’, Jurnal Pilar, 09.1 (2018), 28
Fauziah, Nur, ‘Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural’, Madrasah, 5.1 (2012), 137 <https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2237>
Halik, Abdul, ‘METODE PEMBELAJARAN: PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Abdul Halik’, Jurnal Al-‘Ibrah, I.1 (2012), 46
Hasibuan, Amrullah, ‘Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Guru Pendidikan Agama Islam Di SDN 92 Bengkulu Tengah’, GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2.5 (2022), 315
Indrawati, Prita, Dkk, ‘Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)’, Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3.3 (2022), 226 <https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12978>
Kurniawan, F, ‘Implementasi Pembelajaran Personalisasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Inovasi Pendidikan, 8.1 (2023), 60
Lundeto, Adri, ‘MENAKAR AKAR-AKAR MULTIKULTURALISME PENDIDIKAN DI INDONESIA’, Jurnal Pendidikan Islam Iqraï, 11 (2017), 40
Masamah, Ulfa, and Muhammad Zamhari, ‘Peran Guru Dalam Membangunan Multikultural Di Indonesia’, Quality, 4.2 (2016), 282
Muh Akib D, ‘Beberapa Pandagan Guru Sebagai Pendidik’, Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19.1 (2021), 79
Rahmawati, E, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA’, Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 24.1 (2021), 20
Saputra, A, ‘Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Energi’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12.2 (2023), 208
Sintadewi, Kadek Diana dan Made Putra, ‘Kontribusi Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD’, Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.1 (2021), 37 <https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253>
Siti Nurzannah, ‘Peran Guru Dalam Pembelajaran’, ALACRITY : Journal Of Education, 2.3 (2022), 27 <http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity>
Supriadi, D, ‘Guru Profesional Di Era Globalisasi’, Jurnal Pendidikan Guru, 1.1 (2019), 53
Sutopo, B, ‘Blended Learning: Solusi Pembelajaran Di Era Digital’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 24.2 (2020), 10
Suyanto, A, Guru Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019)
Wulandari, D, ‘Penerapan Project-Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Siswa SMP’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 9.2 (2022), 190
Yusuf Aditya, Dedy, ‘Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1.2 (2016), 167 <https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023>
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 bidance
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.