Implementasi pendidikan karakter melalui pendekatan Behavioristik berbasis Neurosains di MIN 03 Kepahiang

Authors

  • dediekatrisaputra IAIN CURUP

Keywords:

Pendidikan Karakter, Behavioristik, Neurosains

Abstract

Abstrak: Tujuan untuk penelitian ini untuk mengetahui Implementasi pendidikan karakter melalui pendekatan behavioristic berbasis neurosains di MIN 03 Kepahiang. Desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan daftar periksa observasi, dan wawancara. Analisis data penelitian ini digunakan metode kualitatif yang terdiri dari beberapa langkah yaitu mengumpulkan, mengkode, mengatur, dan menginterpretasikan data. Temuan menunjukkan berdasarkan hasil observasi dan wawancara maka dapat ditemukan bahwa Di MIN 03 Kepahiang sendiri, implementasi pendidikan karakter dengan pendekatan behavioristik berbasis neurosains sudah cukup baik. dimana kegiata pembiasaan yang dilakukan setiap hari dengan didukung oleh pemahaman yang diberikan oleh guru, maka peserta didik menjalankan pembiasaan tanpa ada keterpaksaan didalam diri peserta didik. Sehingga perilaku yang dihasilkan secara tampak (Behavioristik) dan yang tidak tampak (neurosains) berkembang secara beriringan.

References

Fadkhulil Imad Haikal Huda, ‘Pembentukan Karakter Religius Berbasis Neurosains: Konstruksi Upaya Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7 (2022), 491–502

Gantini, Herlina, and Endang Fauziati, ‘Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian Dalam Perspektif Behaviorisme’, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3 (2021), 145–52

Harahap, Zunaidi M. Rasid, and Suyadi Suyadi, ‘Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Behaviorisme Berbasis Neurosains Di SD Muhammadiyah Purbayan’, Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5 (2020), 38

Oktariska, Bariyah, Anselmus J E Toenlioe, and Susilaningsih, ‘Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Siswa Di SMKN 6 Malang’, Jurnal Jktp, 1 (2018), 159–68

Huda, Miftahul, ‘Analisis Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Behavioristik Pada MI Sunan Giri Tlogo Sari’, 1 (2023), 150–55

Saihu, Saihu, and Agus Mailana, ‘Teori Pendidikan Behavioristik Pembentukan Karakter Masyarakat Muslim Dalam Tradisi Ngejot Di Bali’, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (2019), 163

Somad, Momod Abdul, ‘Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13 (2021), 171–86

Yakup, R, and S Suyadi, ‘Otak Karakter: Model Pendidikan Karakter Berbasis Neurosains’, Gema Wiralodra, 14 (2023), 228–36

Downloads

Published

2025-01-29

Issue

Section

Articles