Menerapkan Pendidikan Karakter Terhadap Peserta Didik di SD Negeri 6 Bangunjaya-Pangandaran

Authors

  • Dadan Ahmad Suryadi SD Negeri 6 Bangunjaya, Pangandaran, Jawa Barat

Keywords:

Pendidikan Karakter; Sekolah Dasar; Digital

Abstract

SD Negeri 6 Bangunjaya merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di wilayah Kabupaten Pangandaran, tepatnya berada di Kecamatan Langkaplancar, Desa Bangunjaya. Sekolah dengan kondisi lokasi di perbatasan dua kabupaten yakni Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya, hal ini menjadi keunikan tersendiri yang berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya, sehingga para peserta didiknya pun memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lainnya. Karakter tersebut muncul seiring dengan kondisi masyarakat yang berbeda di dua wilayah tersebut, baik dari tutur bahasanya, kebiasaannya, maupun komunikasi sosial, etika dan karakter akhlaknya. Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha untuk menerapkan nilai-nilai agama, moral, etika pada peserta didik melalui ilmu pengetahuan, dibantu oleh orang tua, guru, serta masyarakat yang sangat penting dalam pembentukan dan perkembangan karakter peserta didik. Setiap anak memiliki potensi yang baik sejak lahir, namun potensi tersebut harus terus diasah dan disosialisasikan dengan baik agar karakter setiap anak terbentuk dan berkembang secara maksimal. Di masa sekarang ini juga peserta didik dengan mudahnya menggunakan media digital. Era digital yang bukan hanya memiliki dampak positif, namun juga dampak negatif pun menjadi tugas tersendiri bagi pendidik, orang tua dan masyarakat dewasa dalam membimbing, memantau, dan mengawasi apa yang peserta didik lakukan dengan media digitalnya tersebut, sehingga mereka mampu memanfaatkan media digitalnya sebaik mungkin dan mendapatkan manfaat yang baik untuk dirinya dan hidupnya

References

Daryanto, Darmiatun Suryatri. 2013.Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (Gava Media: Yogyakarta)

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Lickonna.T. (1992).Education for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Muhammad Amran, Erma Suryani Suhabuddin, Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Makasar:

Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017, Penguatan Pendidikan Karakter, (http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/ln/2017/ps87-2017.pdf), (diakses pada 21 April 2022).

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles