Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Peserta Didik di SMAN 1 Wonosobo Kab. Tanggamus

Authors

  • Dewi Zulaeha SMAN 1 Wonosobo, Kab. Tanggamus Lampung

Keywords:

Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Peserta Didik (PBAPD)

Abstract

Guru mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan tercapai jika guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Sebaliknya jika guru tidak dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai secara optimal. Oleh karena itu kompetensi atau kemampuan guru dalam proses pembelajaran atau mengajar di dalam kelas sangat dibutuhkan. Undang-Undang RI No. 20 pasal 40 ayat 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi “Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis”. Selain itu, dalam UU No. 20 pasal 12 ayat 1 Tahun 2003 juga disebutkan bahwa: “Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya. Salah satu bentuk manifestasi dan realisasi dari Undang-Undang RI No. 20 pasal 40 ayat 2 Tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional di atas yaitu diterapkannya strategi pembelajaran berorientasi aktifitas Peserta Didik (PBAPD) sebagai salah satu strategi pembelajaran yang daapat mengoptimalkan potensi-potensi dari peserta didik, dan menjadikan aktifitas pembelajaran menjadi suatu aktifitas yang menyenangkan, lebih aktif dan kreatif, serta bersifat dialogis. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas peserta didik di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Wonsobo Kab. Tanggamus Lampung.

References

Dirjen Pendidikan Islam. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Depag RI, 2006

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Masitoh, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Agama RI, 2009

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. 1; Jakarta: Kencana, 2017

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Kurniawan, Rahadian, Musda Asmara, dan H. Hardivizon. “Arabic Language and the Concept of I’jaz al-Qur’an (Critics to Louwis ‘Awad’s Thoughts/Bahasa Arab dan Konsep I’jaz al-Qur’an (Kritik Pemikiran Louwis ‘Awad).” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 5, no. 1 (2021): 161–72. doi:10.29240/jba.v5i1.2622.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles