Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Wudhu Siswa Kelas IV UPT SDN 1 Waringinsari Barat

Authors

  • Dian Eka Alfata SDN 1 Waringinsari Barat, Pringsewu, Lampung

Keywords:

Metode Demonstrasi; Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Wudhu

Abstract

Artikel ini membahas tentang peningkatan keterampilan wudhu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi di SD Negeri 1 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Kajiannya dilatar belakangi karena banyak siswa kelas IV yang belum bisa melaksanakan wudhu dengan baik dan benar. Hal ini terlihat dari perolehan nilai praktik yang belum mencapai KKM. Dari 20 siswa dikelas IV hanya 9 siswa atau 45% yang tuntas KKM, berarti masih ada 11 siswa yang belum tuntas pada materi wudhu. Peneliti berupaya keras untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran wudhu melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi melalui dua siklus. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran mengalami peningkatan pada materi wudhu dari pembelajaran awal 45% meningkat menjadi 65% disiklus I dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Dengan demikian perbaikan pembelajaran PAI pada materi wudhu menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melaksanakan wudhu. Sehingga peneliti memutuskan untuk mengakhiri Penelitian Tindakan Kelas hanya sampai pada siklus II saja

References

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers

Darajat, Zakiyah 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: CV.Pustaka Agung Harapan.

Hadi, Amirul. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Jamra, Syaiful Bahri dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta

Rasjid, Sulaiman. 2018. Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sanjaya, Wina. 2006. Standar Pembelajaran Berorientasi S tandar Proses Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Sinar Baru: Algesindo

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Biru

Sudjono, Anas. 1996. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdikarya

Usman, Basyirudin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pres.

Zuhairini, dkk. 1983. Matodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Nasional

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles