Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Pendidikan Agama Islam Tata Cara Shalat Tarawih SD Negeri Kadatuan

Authors

  • Dinta Dien Sanandi SD Negeri Kadatuan

Keywords:

Media Elektronik Sebagai Media Pembelajaran; Prestasi

Abstract

Dalam meningkatkan prestasi belajar siswa perlu adanya dukungan dari berbagai pihak. Khususnya pihak sekolah sebagai fasilitator menyediakan berbagai sarana prasarana belajar. Salah satu sarana tersebut adalah media pembelajaran yang digunakan ketika proses pembelajaran. Media pembelajaran dewasa ini yang sering digunakan adalah media yang berasal dari elektronik yang sering mengalami peningkatan dalam penggunaanya. Media elektronik sebagai media pembelajaran sangatlah tepat jika digunakan ketika proses pembelajaran. Karena dengan media elektronik sebagai media pembelajaran dapat merangsang, membangkitkan minat dan perhatian siswa Ketika proses pembelajaran berlangsung sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Selain hal tersebut penggunaan media elektronik sebagai media pembelajaran menjadikan proses belajar mengajar lebih bervariasi, yang pada akhirnya siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan media elektronik sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi Pendidikan Agama Islam pembelajaran siswa Kelas V SD Negeri Kadatuan tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kolerasional, alat pengumpul data angket, wawancara dan observasi, kemudian pengolahan data menggunakan perhitungan prosentase. Hasil penelitian menunjukan optimalisasi penggunaan media elektronik sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tata Cara Shalat Tarawih. Terbukti meningkat dari prestasi belajarnya dengan pencapaian nilai rata-rata 82,50 dan proses mengajar menggunakan media elektronik sebagai pembelajaran menjadikan siswa-siswi kelas V SD Negeri Kadatuan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran karena belajar lebih menyenangkan dan bervariasi sehingga pembelajaran tidak jenuh.

References

Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rhineka Cipta.

Edukom Tim. 2008. Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: CV Sinar Cemerlang Abadi.

Feriyanti, Nuni. 2008. Mengenal Alat Komunikasi dan Transportasi. Semarang : PT Bengawan Ilmu.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Kurniawan, Rahadian, Musda Asmara, dan H. Hardivizon. “Arabic Language and the Concept of I’jaz al-Qur’an (Critics to Louwis ‘Awad’s Thoughts/Bahasa Arab dan Konsep I’jaz al-Qur’an (Kritik Pemikiran Louwis ‘Awad).” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 5, no. 1 (2021): 161–72. doi:10.29240/jba.v5i1.2622.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Rifa’i, Rif’an Ahmad,. 2010. Kiat Menjadi Pelajar Yang Berprestasi Yang Dirindukan Surga. Yogyakarta: Az-Zahra Media.

Sunartombs. 2009. Pengertian Prestasi Belajar. (online) Retrieved May 20, 2011. http://sunartombs wordpress.com/2009/01/05 pengertian prestasi belajar.

Sulastri, Siti. 2008. Siswa Berakhlak Mulia raih prestasi. Semarang: PT Sindur Press.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles