Pengaruh Modernisasi Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Een Saenah SDN 1 Puncak, Kuningan Jawa Barat

Keywords:

Modernisasi; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Peran Guru

Abstract

Secara sederhana modernisasi adalah pola fikir atau cara berpikir manusia dari tradisional ke modern. Tradisional adalah sikap dan cara berpikir serta bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun-temurun. Sedangkan modern merupakan sikap dan cara berpikir serta cara bertindak sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu dampak dari modernisasi yang sering dirasakan adalah kemajuan pada bidang teknologi. Terkait pembelajaran Pendidikan Agama Islam dituntut untuk terus mengalami perkembangan dan perubahan terutama dalam salah satu komponen utama yaitu guru. Perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan agama Islam untuk turut menyesuaikan diri. Akan tetapi terdapat beberapa problem atau masalah yang masih terjadi di lingkungan pendidikan. Misal kurangnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam hal ini pendidik/guru, penggunaan metode pembelajaran yang belum menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, pendekatan pembelajaran yang masih bersifat teacher centered, serta kurangnya update perkembangan teknologi dalam pengadaan alat serta media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Modernisasi Pada Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru dituntut untuk memiliki wawasan dan pola fikir yang terbuka terhadap perubahan zaman. Metode penelitian yang dipakai yaitu menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Diharapkan setelah dilakukan penelitian, dapat diperoleh solusi yang inovatif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, sehingga tujuan penting dari Pendidikan Agama Islam akan terwujud.

References

H. TB, Syafaat, Aat, et. Al. (2008). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah

Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquncy). Jakarta : Rajawali Pres.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Nasution, Harun. (1975). Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.

Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sadiman Dkk. (2010). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan

Manfaatya. Jakarta: pustekom Dikbud An PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sumatri, Iwan. (2022). Tantangan Guru Abad 21. Retrived October 7, 2022, from guruataya.com website: https://www.guruataya.com/2019/05/tantangan-guru-abad-21.html

Unknow. (2014). Fase-fase Belajar Menurut Para Ahli. Retrived June 04, 2014, from yanuariaeksa.blogspot.com website : http://yanuariaeksa.blogspot.com/2014/06/fase-fase-belajar-menurut-para-ahli.html

Winarno, Surakhmad. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar. Bandung:

Tarsito

Yahya. (2010). Guru Abad 21. Retrived 0, 2014, from ml.scribd.com website:

https://ml.scribd.com/doc/227355943/Guru-Abad-21-Makalah.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles