Efektifitas Model Role Playing pada Pembelajaran PAI SMAN 2 Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang Lampung

Authors

  • Eka Yuliani SMAN 2 Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang Lampung

Keywords:

Hasil Belajar; PAI; Role Playing

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas model pembelajaran role playing pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi tata cara penyelenggaraan jenazah. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA berjumlah 36 murid di SMAN 2 Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis hasil belajar siswa nilai tertinggi adalah 90, nilai terendah 70, nilai rata-rata kelas 83,33, nilai yang kurang dari KKM sebanyak 5 siswa (14%), sedangkan nilai di atas KKM sebanyak 31 siswa (86%). Adanya peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I persentase ketuntasan hanya 39% menjadi 86% di siklus II sebanyak 47% dan dikatakan tuntas karena melebihi angka indicator ketuntasan minimal sebesar 76%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas.

References

Ali, M. D. (2018). Pendidikan Agama Islam. Tangerang Selatan: Raja Grafindo Persada.

Dewi, A, A, I, K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449-459.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Harya, S., Susilawati., & Ridwan, I, R. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil belajarSiswa Kelas 4 SD Pada Pembelajaran Tema 4 Pada Materi IPS. Jurnal Perseda, 5(1), 16-21.

Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Unversitas Garut, 9(1), 23-37.

Kaharudin. (2021). Meneliti Capaian Ketuntasan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring IPA Melalui Pendekatan TPACK di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(7), 1053-1077.

Khan, M., Kazmi, S., Bashir, A., & Siddique, N. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, (16)24, 91–98.

Kristin, Firosalia. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 171-176.

Lubis, Masruroh., Yusri, Dairina., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah : Journal of Islamic Education, 1(1), 1-18.

Rohmawati, L., Suryani, N., & Pelu, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Bermaian Peran (Role Playing Method) Dengan Media Lagu. Jurnal Candi, 20(1),71-84.

Suharti, Dwi. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019/2020. PENDALAS, 1 (1), 44-60.

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 81-86.

Watkins, J. (2020). Preventing a covid-19 pandemic. The BMJ, 368(February), 1–2.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I, P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 97-102.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles