Implementasi Tugas Dan Fungsi Pengawas Pendidikan Agama Islam Tingkat SMA Negeri Di Kabupaten Kepahiang

Authors

  • Endang Susilawati SD Negeri 04 Kabawetan

Keywords:

Implementasi; Fungsi Pengawas Guru Pendidikan Agama Islam; Tujuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi  pengawas Pendidikan Agama Islam dalam membina guru agama tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kepahiang, meliputi erincian tugas pengawas pendidikan Agama Islam 1. pengawasan 2. menasihati 3. memantau 4. mengkoordinasi 5. Reporting. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif (evaluatif research). Responden dalam penelitian ini berjumlah 11 orang, terdiri dari 3 orang pengawas dan 8 orang guru agama Islam. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data keseluruhan menunjukan bahwa implementasi tugas dan fungsi pengawas Pendidikan Agama Islam dalam membina guru agama tingkat SMA Negeri se Kabupaten Kepahiang berada pada kategori tidak baik karena diperoleh skor 21,77%. Dengan rincian implementasi tujuan pengawas Pendidikan Agama Islam tingkat SMA  termasuk katagori tidak baik dengan perolehan skor 40,90%. Sedangkan implementasi fungsi pengawas Pendidikan Agama Islam tingkat SMA Negeri termasuk katagori tidak baik dengan perolehan skor 31,66%. Faktor pendukung tujuan dan fungsi pengawas Pendidikan Agama Islam dalam membina guru agama SMA di Kabupaten Kepahiang adalah sekolah dan guru selalu terbuka menerima kedatangan pengawas. Sedangkan faktor penghambat supervisi akademik disebabkan kekurangan tenaga kepengawasan sedangkan sekolah yang harus diawasi lebih banyak dari kuota yang ditugaskan

References

A Salim Mansyur, Administrasi dan Supervisi pendidikan, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2009

Departemen Agama RI, Petujunuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Angka Kreditnya. p. 6-7

E.Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Cet. XI; Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011

E.Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Cet. XI, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616

Muhammad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional Cet.1; Yogyakarta: Presma Sophe, 2004

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2012, pasal 4

Peraturan Menteri Agama RI. No. 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. No. 12 Tahun 2007 Tentang Standar Sekolah/Madrasah Peraturan Menteri Agama RI. No. 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah

Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Cet. 1; Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles