Kompetensi Guru Pendidkan Agama Islam dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMK Negeri 1 Kaur

Authors

  • Novi Yarni SMK Negeri 1, Kaur

Keywords:

kompetensi guru PAI, hasil Belajar, covid-19

Abstract

Guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam keberlangsungan proses pembelajaran di sekolah. Disamping perangkat dan segala hal yang berhubungan dengan pengajaran dan keberhasilan tujuan pendidikan, ternyata kepribadian guru merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan pembelajaran, untuk menghindari apatisme dan kepatuhan dari siswa, guru hendakalah terus meningkatkan kompetensi. Kajian ini bertujuan menganalisis kompetensi guru PAI sebagai pengajar dan evaluator terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Kaur. Serta memberikan pemahaman betapa petingnya peran guru PAI sebagai pegajar dan evaluator terhadap hasil belajarsiswa pada masa pandemi covid 19 di SMK Negeri 1 Kaur. Keberagaman kemampuan yangdimiliki oleh setiap guru dalam penguasaan materi pembelajaran atau bahan ajar dan penerapannya dalam proses belajar mengajar akan berdampak pada munculnya keragaman pencapaian kompetensi peserta didik pasca pembelajaran. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan utamanya adalah 2 orang guru PAI di SMK Negeri 1 Kaur dan informan pendukung adalah daftar nilai hasil belajar UTS Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini adalah peram kompetensi guru PAI sebagai pengajar dan evaluator terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Kaur. Yang di aplikasikan melalui cara-cara sebagai berikut: 1. Guru mengupayakan pembelajaran tatap muka dengan waktu terbatas bagi siswa yang memiliki jangkauan jaringan internet buruk untuk pembelajaran daring. 2. Guru melaksanakan pembelajaran secara daring untuk siswa yang memiliki perangkat teknologi infrormasi kounikasi dan jaringan internet yang baik melalui zoom dan whatsap. 4. Setelah guru melaksanankan perannya sebagai pengajar pada masa pandemi covid-19 maka diperoleh hasil belajar siswa mata pelajaran PAI dengan nilai diatas KKM

References

Aji, H. S., & Rizqon. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di indonesia Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran.

Anshori. (2015). Tranformasi Pendidkan Islam. Jakarta: Gaung persada pres.

Astini, S., & Ni Komang. (2020). Tantangan dan Peluang Pemamfaatan teknologi informasi dalam pembelajran online masa pandemi covid 19.

Ekawati, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT Imam Bukhari, Sumedang Jawa Barat. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management.

Fitria, R. (2014). pengaruh kompetensi guru dan iklim organisasi terhadap kinerja guru pendidikan agama Islam sekolah dasar di kecamatan gunung talag kabupaten solok . jurnal al-fikrah, 170.

Hambali, M. (2016). manajemen pengembangan kompetensi guru pai. jurnal MPI, 73.

Heriyansyah. (2020). Urgensi Kepemimpinan Guru yang Kompeten di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Kompas.com. (n.d.).

Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. bandung.

Murfi, A. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di indonesia. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Pratami, F., & Syamsiah Depalina Siregar. (2020). Optimalisasi Peran Guru Pai Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 27-28.

Siswanto. (2013). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. surabaya: pena salsabila.

Solong, N. P., & Luki Husin. (2020). Penerapan kompetensi kepribadian guru. Penerapan Kompetensi Kepribadian, 62.

Yuliana. (2020). Wellnes and Healthy Magazine. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, 198.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles