Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada masa Covid-19 di SDN Pancalang

Authors

  • Eti Sumiati SDN Pancalang, Kuningan, Jawa Barat

Keywords:

Covid-19; Pembelajaran Jarak Jauh; Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pandemi Covid-19 yang menyebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia menimbulkan banyak korban jiwa. Selain itu, pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan kualitas pendidikan, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Hal ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh. Agar pendidikan tetap berjalan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan dari berbagai masalah pendidikan yang ada di SDN Pancalang serta berhubungan dengan Covid-19, tentunya para guru khususnya di SDN Pancalang melakukan perencanaan pembelajaran sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan melalui pembelajaran jarak jauh pada masa Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran jarak jauh, mengetahui kendala proses belajar mengajar secara jarak jauh, serta mendeskripsikan pendapat orang tua atau wali murid terhadap pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Pancalang. Teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara terhadap 12 siswa di SDN Pancalang. Hasil yang didapat yaitu terdapat beberapa kendala yang dialami siswa dan orang tua siswa dalam pembelajaran jarak jauh seperti penguasaan teknologi yang masih kurang, adanya penambahan biaya kuota internet, dan adanya pekerjaan tambahan bagi orang tua siswa dalam mendampingi anak belajar.

References

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dewi, M. (2020). Analisis Kerja Sama Guru dengan Orang Tua dalam Pembelajaran Online di Era Covid 19 di MI Azizan Palembang. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 54-64.

Firman. (2020). Pembelajaraan Online di Tengah Pandemi Covid-19 . Sulawesi Barat: Indonesian Journal of Educational Sciences (IJES).

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107-115.

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Pgsd, 6(1), 39-49. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS

Pribowo, F. S. P. (2020). Persepsi Guru SD Muhammadiyah Terhadap Penggunaan Gawai Dalam Pembelajaran Di Kelas. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 209–219. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4885/2820

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif, 2(1), 28-37.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jaush. kudus: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April 2020 p-ISSN 2656- 8063.

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi dalam Program Pembelajaran Jarak jauh di Yayasan Trampil Indonesia. Jurnal Scriptura, 5(2), 1-18.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles