Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Ceramah terhadap Peningkatan Hasil Belajar PAI Di SMK Teknologi Modern Kalipucang

Authors

  • Habib Zailani SMK Teknologi Modern Kalipucang

Keywords:

Metode problem based learning, Metode ceramah dan tanya jawab, kelompok eksperimen, kelompok control.

Abstract

Artikel ini mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis masalah metode peningkatan hasil belajar PAI di SMK Teknologi Modern kalipucang. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif diperoleh hasil penelitian; Dampak PBL dapat dilihat berdasarkan hasil belajar siswa observasi dan hasil posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Selain itu, berdasarkan indikator motivasi belajar kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik yaitu sebagian besar siswa sudah aktif bertanya, berani menjawab teman dan pernyataan guru, dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok, dan dengan percaya diri mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Selain itu, dengan kelompok eksperimen PBL ini menunjukkan solidaritas antar anggota kelompok, dengan menggunakan PBL maka siswa akan memperoleh beberapa manfaat, antara lain: meningkatnya keterampilan memecahkan masalah, membangun Kepemimpinan dan kerjasama, keterampilan belajar, dan memotivasi siswa untuk belajar. Di kelas kontrol Pembelajaran, Ceramah dan Tanya jawab; Sebuah metode tidak memberikan siswa kesempatan untuk mengoptimalkan keterampilan mereka. Berdasarkan pengamatan pedoman hasil siswa yang aktif selama pembelajaran adalah siswa berprestasi di kelas. Sedangkan siswa yang lain tidak terbiasa aktif bertanya dan menanggapi pernyataan teman lain.

References

Amir, M. Taufiq. Inovasi Pendidikan melalui ProblemBased Learning Bagaimana pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: kencana, 2009

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616

Nata, Abudin. Persfektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran Cet. III; Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2009

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2005

Sudjana, Nana Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

---------, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Roskarya,2006).Cet 10.H.22

Syah, Darwyn. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007

Yamin, H.Martinis. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: GP Press Jakarta, 2011.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles