Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Insecure Pada Siswa Kelas II SD Negeri 06 Tebat Karai Melalui Pendekatan Kasih Sayang
Keywords:
Insecure, Kasih SayangAbstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: bagaimana upaya guru PAI dalam menangani siswa Kelas II yang Insecure (pemalu, rendah diri dan tidak percaya diri) di SD Negeri 06 Tebat Karai. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelititan. Sedangkan analisa data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yakni menguraikan, mendeskripsikan dan mengungkapkan gagasan-gagasan atau ide-ide dalam menangani siswa yang insecure. Setelah data dianalisis maka diperoleh kesimpulan bahwa: Upaya guru PAI dalam mengatasi perilaku insecure pada siswa di SD Negeri 06 Tebat Karai yaitu Memberikan Motivasi Belajar, Memberikan kesempatan untuk maju ke depan kelas secara Berulang, melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan, mengapresiasi setiap pencapaian siswa, mendukung kepercayaan diri, menyediakan suasana yang hangat dan penuh penerimaan, tidak membandingkan kemampuan siswa dengan kemampuan temannya, menjadi pendengar yang baik dan mengajari siswa untuk bertanggung jawab. Semua upaya itu dilakukan Guru PAI dengan tulus dan penuh kasih sayang.
References
Al-Qur’anul Karim dan Terjemahannya
Ariana, Atika Dian. 2021. (http://news.unair.ac.id/2021/07/13/dosen-psikologi-unair-bagikan-tips-atasi-insecure/). Diakses tanggal 3 April 2022
Departemen Agama RI. 2006. Undang-Undang & Peraturan Pemerintah Tentang Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Hakim, Abdul.2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616Ismail, Marahimin. 2001. Menulis Secara Populer. Jakarta: PT Dunia Pustaka
Prayitno.2008. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan.UniversitasNegeri PadangSurya, Surya,
Sari, Rizky Melinda.2022. 3 Dampak Buruk Terus Merasa Insecure, Berpengaruh pada Mental (https://yoursay.suara.com/lifestyle/ 2022/ 01/ 11/093114/3-dampak-buruk-terus-merasa-insecure-berpengaruh-pada-mental). Diakses pada tanggal 3 April 2022
Schaefer dan Millman.1981. How To Help Children With Common Problems. New York: Van Nostrand Reinhold Company
Setyadi, Leken. 2019. Jadilah Guru Terbalik: Bepikir Dan Bertindak Terbalik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Surya, HM.2003. Psikologi Konseling. Bandung. Pustaka Bani Quraisy
Surya, H.M.dkk. 2007.Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta :Universitas Terbuka.
Talitha, Tasya. (2021) https://www.gramedia.com/best-seller/insecure/, diakses tanggal 2 April 2022
Ulwan, Abdullah Nashih. 1992. Pendidikan Siswa Menurut Islam Mengembangkan Kepribadian Siswa. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ulwan, Abdullah Nashih. 1992. Tarbiyatul Aulad Fii Islam,Terj. Jamaludin Mirri, Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung: PT Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Herlina Sari Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.