Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Berperilaku Rendah Hati Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dengan Metode Pendekatan Berbasis Aktivitas Terhadap Siswa (SDN 2 Talang Padang)
Keywords:
Kegiatan pembelajaran berbasis AktivitasAbstract
Terwujudnya kondisi pembelajaran siswa aktif merupakan harapan dari semua komponen pendidikan termasuk masyarakat dan praktisi pendidikan. Meningkatkan aktifitas siswa tersebut adalah kemampuan guru dalam merencanakan suatu kegiatan belajar mengajar tersebut dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam aktivitas pembelajaran di sekolah, guru harus mengusahakan agar siswa dapat melakukan pengamatan yang efektif agar memperoleh hasil pembelajaran yang sebaik-baiknya. Dalam mengajar, hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan pengamatan yang sebaik-baiknya. Strategi pembelajaran dengan Pendekatan Pengajaran Berbasis Aktivitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 2 Talang Padang diupayakan dapat meningkatkan motivasi, prestasi, kreatifitas, dan pemecahan masalah dalam belajar.
References
Bafadal,. 1994. Proses Perubahan di Sekolah. Disertasi Tidak Dipublikasikan Program Pascasarjana IKIP Malang.
Bogdan,R.C., 8s Biklen, S. K. 1982. Qualitative Research inEducation. Boston: Allyn & Bacon
Guba, E. G., &. Lincoln, Y.S 1981 Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.
Hamalik, O.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik; O, 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara Miles, M. B, 8s Hubermen, A.M.1984. Analisis Data Qualitatif Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta.
Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Penerbit Tarsito
Nurhadi, 2002. Pendekatan Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang
Nurhadi, 8s Senduk, G., A., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannyadalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Spradley, J., P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston
Suparno, p., Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional. Edisi kedua. Cet,akkan ke empat belas. Bandung : PT Remaia Rosdakarya.
Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hikma Lidaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.