Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Berperilaku Rendah Hati Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dengan Metode Pendekatan Berbasis Aktivitas Terhadap Siswa (SDN 2 Talang Padang)

Authors

  • Hikma Lidaini SDN 2 Talang Padang, Kabupaten Tanggamus

Keywords:

Kegiatan pembelajaran berbasis Aktivitas

Abstract

Terwujudnya kondisi pembelajaran siswa aktif merupakan harapan dari semua komponen pendidikan termasuk masyarakat dan praktisi pendidikan. Meningkatkan aktifitas siswa tersebut adalah kemampuan guru dalam merencanakan suatu kegiatan belajar mengajar tersebut dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam aktivitas pembelajaran di sekolah, guru harus mengusahakan agar siswa dapat melakukan pengamatan yang efektif agar memperoleh hasil pembelajaran yang sebaik-baiknya. Dalam mengajar, hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan pengamatan yang sebaik-baiknya. Strategi pembelajaran dengan Pendekatan Pengajaran Berbasis Aktivitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 2 Talang Padang diupayakan dapat meningkatkan motivasi, prestasi, kreatifitas, dan pemecahan masalah dalam belajar.

References

Bafadal,. 1994. Proses Perubahan di Sekolah. Disertasi Tidak Dipublikasikan Program Pascasarjana IKIP Malang.

Bogdan,R.C., 8s Biklen, S. K. 1982. Qualitative Research inEducation. Boston: Allyn & Bacon

Guba, E. G., &. Lincoln, Y.S 1981 Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Hamalik, O.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik; O, 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara Miles, M. B, 8s Hubermen, A.M.1984. Analisis Data Qualitatif Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Penerbit Tarsito

Nurhadi, 2002. Pendekatan Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang

Nurhadi, 8s Senduk, G., A., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannyadalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Spradley, J., P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston

Suparno, p., Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional. Edisi kedua. Cet,akkan ke empat belas. Bandung : PT Remaia Rosdakarya.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles