Menumbuhkan Semangat Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 2 Pangandaran

Authors

  • Idham Panji Purnomo SDN 2 Pangandaran

Keywords:

Pandemi Covid-19, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Dunia saat ini sedang mengalami goncangan hebat yang disebabkan oleh Coronavirus Desease (Covid-19). Pandemi Covid 19 yang terjadi diawal tahun 2020 telah merubah segala sendi kehidupan masyarakat indonesia,virus ini memberikan dampak yang sangat luar biasa, salah satunya pada sektor pendidikan. Pendidikan pada saat itu berjalan dengan baik, dengan adanya virus ini semuanya berubah drastis menjadi sebuah aturan baru pada dunia pendidikan, bahkan pada saat Covid-19 merebak pendidikan di tutup dan tidak boleh menyelenggarakan pendidikan secara tatap muka. Guru dituntut untuk tetap menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dengan cara yang belum pernah dilakukan. Dengan terbiasanya guru PAI memberikan pelajaran secara tatap muka dan pada masa pandemi covid-19 harus dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Melalui pembelajaran jauh jauh pada awalnya berjalan lancar, akan tetapi peserta didik mengalami penurunan semangat dalam pembelajaran PAI di SDN 2 Pangandaran. Hal ini memberikan daya tarik untuk dilakukan penelitian terkait menumbuhkan semangat pembelajaran PAI pada masa pandemi di SDN 2 Pangandaran.

References

Anissa Windarti, Zaharah, Galia Ildusovna Kirilova. “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia.” 2020, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 07, no. 03 (t.t.): 269–82.

Dede, G., Muhammad Khairunnas;, Zulmuqim;, & Demina. (2021). “Peran Tenaga Pendidik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era COVID-19”, Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), 61–76.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. Dampak COVID-19 dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif . 2020

https://blog.kejarcita.id/7-peran-guru-dalam-meningkatkan-mutu-pembelajaran-di-sekolah/

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287

Khuluqo, Ihsana, El. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2017

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Sejati, 2011)

Rusmin B, M, Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam, Jurnal Tarbiyah Volume Vi, Nomor 1, Januari - Juni (2017).

Sri Andri Astuti, Ilmu Pendidikan Islam, (Metro: Anugrah Utsama Raharja, 2013)

UU RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta: PT. Asa Mandiri, 2006

Zainal Abidin, Filsafat Pendidikan Islam, (Metro: Stain Jurai Siwo Metro, 2014)

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles