Penerapan Metode Demontrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pelaksanaan Pengurusan Jenazah Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Tebo

Authors

  • Pariyanto SMA Negeri 15, Tebo

Keywords:

metode demontrasi, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Pelaksanaan Pengurusan Jenazah dengan menggunakan Metode Demontrasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Tebo. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Tebo yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan observasi, dan angket. Sementara untuk instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan lembar soal. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar materi Pelaksanaan Pengurusan Jenazah kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Tebo. Peningkatan didasarkan pada hasil penelitian siklus I, yang mana terdapat beberapa siswa yang belum memperoleh hasil belajar mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Pada penelitian siklus II hampir seluruh siswa sudah mulai terlihat memperoleh hasil belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode demontrasi, dimana pada saat penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran siswa terlihat aktif sehingga proses responsifitas siswa terhadap pembelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 75,51 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 79,56. Jumlah siswa mampu mencapai KKM ≥ 73 pada siklus I ada 16 siswa, dan pada siklus II ada 23 siswa. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61,54% dan siklus ke II sebesar 88,46%. Selain itu minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran juga semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto, 2009. Demonstrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta: Depdikbud

Depdikbud, 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Kemendikbud, 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta

Kemendikbud, 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta

Kemendikbud, 2017. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Muhibbin Syah, 2005. Psikologi Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas.

Rasimin, S., Saputro, dan Musyahadah, 2012. Media Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Trist Media Publishing.

Rusminiati, 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas.

Roestiyah N, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Salatiga Press Kemenag. 2015.Fikih. Jakarta: Kementerian Agama

Sanjaya W, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Syaiful Bahri, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, Uzer, Moh., 1996. Menjadi Guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles