Korelasi Antara Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMA Yasmida Ambarawa
Keywords:
Pembiasaan Membaca Asmaul Husna, Kecerdasan Emosional, Siswa kelas XIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional dan pembiasaan membaca asmaul husna siswa sekaligus mengkorelasikan keduanya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Yasmida Ambarawa sebanyak 35 orang. Wawancara, skala kecerdasan emosional, dan angket kebiasaan membaca asmaul husna digunakan sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, Tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA Yasmida Ambarawa berada dalam kategori tinggi. Kedua, tingkat pembiasaan membaca Asmaul Husna siswa kelas XI SMA Yasmida Ambarawa berada dalam kategori tinggi. Ketiga, terdapat hubungan positif (rxy=0,614) dan signifikan (p=0,001) antara pembiasaan membaca asmaul husna dan kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA Yasmida Ambarawa. Keempat, kontribusi pembiasaan membaca asmaul husna terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA Yasmida Ambarawa adalah sebesar 37,70%.
References
Abidin, Zainal. (2001). Pengamalan Asmaul Husna dalam Kehidupan Sehari-hari. Jakarta: PT Pertja.
Apriyadi, Anas. (2015). Dua Geng Pelajar Berencana Tawuran di Kotagede. Diakses tanggal 24 Desember 2015 dari http://jogja.tribunnews.com/ 2015/12/20
Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
Asyqar, Umar Sulaiman Al. (2010). Al- Asma’ al-Husna. Jakarta: Qisthi Press.
Azwar, Saifuddin. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI. (2006). Al- Qur’an dan Terjemahnya. Kudus: Menara Kudus.
Depdikbud. (2005) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai.
EQ, Zainal Mustafa. (2009). Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fanani, Achmad. (2012). Kamus Istilah Populer. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Goleman, Daniel. (1996). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia.
Hafidh, Amdjad Al. (2010). Keistimewaan dan Peranan Al- Asmaa-ul Husnaa di Zaman Modern. Semarang: Majelis Khidmah Al-Asmaa-ul Husna.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hartono, Andreas. (2009). EQ Parenting: Cara Praktis Menjadi Orangtua Pelatih Emosi. Jakarta: Gramedia.
Hasan, M. Ali. (1997). Memahami dan Meneladani Asmaul Husna, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Karwadi. (2009) Kecerdasan Emosional dalam Pemikiran Pendidikan Islam (Studi terhadap Unsur-
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Isnanik Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.