Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di SD Muhammadiyah Kabupaten Pringsewu

Authors

  • Jamaludin UPT SD Negeri 2 Rejosari Pringsewu, Lampung

Keywords:

Pendidikan, Pendidikan Karakter, Karakter Religius

Abstract

Pendidikan Karakter adalah gerakan pendidikan dibawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olahraga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Sekolah Dasar Muhammadiyah Pringsewu merupakan salah satu sekolah dasar dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Karna letaknya yang sangat strategis berada di pusat kota pringsewu menjadikan sekolah ini sekolah unggulan di Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan angka-angka, akan tetapi berupa kata-kata atau gambaran. Data yang dimaksud berasal dari observasi sebagai data utama, wawancara dilakukan oleh beberapa guru diantaranya guru Agama Islam, guu IPS, Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan warga sekolah lain. catatan lapangan, foto, dokumen sekolah dan lainnya. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang menggambarkan fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh peneliti dari subyek yang berupa individu, organisasional atau perspektif yang lain. Data dikumpulkan dan direduksi kemudian disimpulkan. Implementasi Pendidikan karakter religious di SD Muhammadiyah Pringsewu berjalan sesuai dengan program-program sekolah yang telah berjalan dan ditentukan. Dalam pelaksanaan ini melibatkan berbagai bukan hanya guru Agama Islam, melainkan semua warga sekolah yang ada. Dan dalam pelaksanaan ini SD Muhammadiyah pringsewu telah melaksanakan dengan konsisten dan stabil sehingga mampu membentuk peserta didik yang memiliki karakter religious

References

Lickona, Thomas. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter (Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung jawab). Jakarta: Bumi Aksara.

----------------------. (2016). Character Matters (Persoalan Karakter) Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Esensi dari Erlangga Group.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Marzuki (2019). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta : Amzah

Moloeng J, Lexy. (2014). Metodologi penelitian kualitatif Bandung: RemajaRosdakarya.

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Dikotomik. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Bekerja Sama dengan Pustaka Pelajar.

Nata, Abuddin. (2003). Manajemen Pandidikan (Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia). Jakarta: Prenada Media.

Noer Aly, Hery. (2000). Watak Pendidikan agama Islam, Jakarta : Friska Agung Insani.

Noer Aly, Hery dan Munzier Suparta. (2003). Pendidikan Islam Kini dan Mendatang. Jakarta: Triasco.

Nasoetion, Andi Hakim dan kawan-kawan (2001). Pendidikan Agama dan Akhlak bagi anak dan remaja. Ciputat: Logos Wacana Ilmu dan pemikiran.

Rohmat. (2015). Teknologi Pembelajaran Perspektif Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish (Budi Utama).

-----------. (2012). Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Syafarudin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Samani, Muchlas dan Haryanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saptono, (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Solo: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, Cet. ke-4.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara. Cet. ke-5

Shihab, M. Quraish. (2004). Membumikan Al Qur‟an. Bandung : Mizan. Cet. ke- XXVII.

Tim Pakar Yayasan Jati Diri Bangsa. (2002). Pendidikan Karakter di Sekolah: Dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: Kompas Gramedia.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bagian I: Ilmu Pendidikan Teoritis. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles