Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Ekstrakulikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah Di SMP 2 Muhammadiyah Curup Selatan
Keywords:
Nilai, Pendidikan Islam, Tapak SuciAbstract
Islam merupakan agama yang diridhoi oleh Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari segala sesuatunya diatur didalam islam. Untuk bisa menjalankan segala sesuatu maka dengan cara Islam, dalam hal ini dapat diambil nilai-nilai pendidikan islam yang menjadi dasar perilaku umat Islam. Banyak cara yang bisa digunakan pada zaman sekarang sebagai cara menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam seperti diskusi, seminar, dan organisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Lapangan yang bertempat di SMP 02 Muhammadiyah kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Sumber data yang digunakan berupa wawancara, dokumen serta buku-bukutentang pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi, wawancara dan menggunakan metode analisis dan menggunakan metode deskriptif Kualitatif. Hasil dari penelitian ditemukan nilai-nilai Pendidikan Islam sebagai berikut : pertama, nilai pendidikan keimanan yaitu: nilai Tauhid dan nilai kepengawasan, kedua, nilai pendidikan akhlak yaitu: nilai siap siaga, nilai membela keadilan dan kebenaran, nilai mencari perdamaian dan kasih sayang dan nilai taat pada pimpinan. adapun yang ketiga, nilai pendidikan Ibadah yaitu: nilai kepatuhan dan nilai keterpautan hati dengan allah.Adapun penerapan nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam Tapak Suci dapat diterapkan di sekolah, di rumah dan di masyarakat. Serta cara menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam yaitu melalui beberapa metode: metode percakapan, metode cerita, metode perumpamaan,metode keteladanan, metode pembiasaan,metode pendekatan dengan cara yang baik.serta metode janji dan ancaman
References
Abudinnata, 2004, Metodelogi Studi Islam, PT. Rajawali Grapindon Jakarta
Aly Hery Neor, 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Logos Jakarta cet ke -2
Apriadi, Ema. 2009. Buku Panduan Muktamar XII Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Tasikmalaya: PT.Percetakan Persatuan
Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineca Ciupta: Jakarta
Depdiknas, 2006, UU No 20 Tahun 2003, Tantangan Sistem Pendidikan Nasional, Pustaka Yokyakarta
Fauzi Mahmud, Pendidikan Kemuhammadiyaan Kelas 10, Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yokyakarta 2010
Hamdan Hambali, 2011, Ideologi dan Strategi Muhammadiyah Suryasarana Grafika, Cet ke 6 Yokyakarta
Hamdani Ihsan, Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Setia Bandung 2001
Hasil Wawancara dengan Agus Sri Wahyono,S.Pd.Ketua Pimda 168 Rejang Lebong Tahun 2015
Ibnurusn Abidin, Pemikiran Al Gazali Tentang Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yokyakarta 1998
Kamus Besar Bahasa Indonesia Pustaka Phoen IX 2007
Moleong Lexy,J. 2007, Metodelogi Penelitian Kualitatif, PT. Romaja Rosdakarya, Bandung
Nizar Samsul, , Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Gaya Media Pratama: Jakarta
Nizar Samsul, 2001, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran PAI Gaya Gramedia Pratama, Jakarta
Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah, 2010, Pimpinan Pusat Muhammadiyah: Yokyakarta
Tirtaharja Umar, Pengantar Pendidikan, Renika Cipta, Jakarta 1995
Yunus Mahmud, 1983, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Hidakarya Agung: Yokyakarta
Yunus Mahmud, 2002, Kamus Arab Indonesia PT. Hidakarya Agung: Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rasmini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.