Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Ekstrakulikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah Di SMP 2 Muhammadiyah Curup Selatan

Authors

  • Rasmini SMKs 6 Pertiwi Curup

Keywords:

Nilai, Pendidikan Islam, Tapak Suci

Abstract

Islam merupakan agama yang diridhoi oleh Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari segala sesuatunya diatur didalam islam. Untuk bisa menjalankan segala sesuatu maka dengan cara Islam, dalam hal ini dapat diambil nilai-nilai pendidikan islam yang menjadi dasar perilaku umat Islam. Banyak cara yang bisa digunakan pada zaman sekarang sebagai cara menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam seperti diskusi, seminar, dan organisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Lapangan yang bertempat di SMP 02 Muhammadiyah kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Sumber data yang digunakan berupa wawancara, dokumen serta buku-bukutentang pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi, wawancara dan menggunakan metode analisis dan menggunakan metode deskriptif Kualitatif. Hasil dari penelitian ditemukan nilai-nilai Pendidikan Islam sebagai berikut : pertama, nilai pendidikan keimanan yaitu: nilai Tauhid dan nilai kepengawasan, kedua, nilai pendidikan akhlak yaitu: nilai siap siaga, nilai membela keadilan dan kebenaran, nilai mencari perdamaian dan kasih sayang dan nilai taat pada pimpinan. adapun yang ketiga, nilai pendidikan Ibadah yaitu: nilai kepatuhan dan nilai keterpautan hati dengan allah.Adapun penerapan nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam Tapak Suci dapat diterapkan di sekolah, di rumah dan di masyarakat. Serta cara menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam yaitu melalui beberapa metode: metode percakapan, metode cerita, metode perumpamaan,metode keteladanan, metode pembiasaan,metode pendekatan dengan cara yang baik.serta metode janji dan ancaman

References

Abudinnata, 2004, Metodelogi Studi Islam, PT. Rajawali Grapindon Jakarta

Aly Hery Neor, 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Logos Jakarta cet ke -2

Apriadi, Ema. 2009. Buku Panduan Muktamar XII Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Tasikmalaya: PT.Percetakan Persatuan

Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineca Ciupta: Jakarta

Depdiknas, 2006, UU No 20 Tahun 2003, Tantangan Sistem Pendidikan Nasional, Pustaka Yokyakarta

Fauzi Mahmud, Pendidikan Kemuhammadiyaan Kelas 10, Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yokyakarta 2010

Hamdan Hambali, 2011, Ideologi dan Strategi Muhammadiyah Suryasarana Grafika, Cet ke 6 Yokyakarta

Hamdani Ihsan, Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Setia Bandung 2001

Hasil Wawancara dengan Agus Sri Wahyono,S.Pd.Ketua Pimda 168 Rejang Lebong Tahun 2015

Ibnurusn Abidin, Pemikiran Al Gazali Tentang Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yokyakarta 1998

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pustaka Phoen IX 2007

Moleong Lexy,J. 2007, Metodelogi Penelitian Kualitatif, PT. Romaja Rosdakarya, Bandung

Nizar Samsul, , Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Gaya Media Pratama: Jakarta

Nizar Samsul, 2001, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran PAI Gaya Gramedia Pratama, Jakarta

Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah, 2010, Pimpinan Pusat Muhammadiyah: Yokyakarta

Tirtaharja Umar, Pengantar Pendidikan, Renika Cipta, Jakarta 1995

Yunus Mahmud, 1983, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Hidakarya Agung: Yokyakarta

Yunus Mahmud, 2002, Kamus Arab Indonesia PT. Hidakarya Agung: Jakarta

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles