Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP N 2 Parigi

Authors

  • Juju Kurniati SMP N 2 Parigi

Keywords:

Penerapan PBL; Belajar Kritis; Pembelajaran PAI

Abstract

Pembelajaran PBL adalah suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara belajar kritis dan keterampilan pemecahan konteks, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Dengan pendekatan PBL proses pembelajaran diharapkan berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa untuk memecahkan materi pembelajaran, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Parigi. Selain itu juga untuk menemukan faktor pendukung, penghambat, dan solusi penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Parigi Pangandaran.Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi; sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan Problem Based Learning yang dijalankan di SMP N 2 Parigi sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukungnya adalah kurikulum yang digunakan, sarana dan prasarana yang cukup memadai, kreativitas guru, dan kondisi lingkungan. Faktor penghambatnya adalah kesulitan memunculkan ide, ketersediaan waktu yang kurang, dan perbedaan pemahaman siswa. Sedangkan solusinya adalah memberikan arahan kepada siswa dengan memberikan petunjuk atau klu pada jawaban, penggunaan waktu secara efektif dan efisien, dan pemberian evaluasi dan mengulang-ulang materi.

References

Falestin, Yuditya. Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS2 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010, dalam http://www.libraryuns.ac.id/2010/08/12345297. pdf.html. Diakses tanggal 10 Maret 2014 pukul 19.59 wib.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kuali tatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta:Salemba Humanika.

Majid, Abdullah. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembang- kan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles