Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Kontekstual

Authors

  • Rahma Fasmawati SMP Negeri 16 Bengkulu Tengah

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Minat, Prestasi Belajar

Abstract

Sampai saat ini, proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya berpusat pada tenaga pendidik membuat siswa menjadi kurang bersemangat sehingga minat siswa dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu menjadi rendah. Sehingga pendekatan terbaik untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 16 Bengkulu Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Bengkulu Tengah dengan jumlah 12 orang siswa. Pengumpulan data digunakan lembar observasi, soal tes, dan lembar angket minat serta lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat belajar siswa siklus I sebesar 7,78 dan siklus II sebesar 8,16. Sedangkan prestasi belajar kognitif siswa pada siklus I diperoleh nilai ratarata 59,48 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,81 sehingga diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 11,32. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan secara umum bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 16 Bengkulu Tengah tahun pelajaran 2020/2021

References

Bahri, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Ajar Pernikahan Dalam Islam Kelas Xii Multi Media 3 Di Smkn 6 Kota Jambi. 2(August 2018), 83–93.

Erwin, H., Awang, I. S., & Anyan. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 170–172.

Hamidah, T. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Sebagai Strategi Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mtsn 1 Lamongan (Vol. 4).

Maisaroh, Siti ; Muthiah ; Siagian, N. (2020). Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 283–292. https://doi.org/10.30596/al-ulum.v

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, H. R. (2017). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Pendidikan Agama Islam UMSU. International Psycology, Education, Counselling & Social Work Conference, 431.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles