Implementasi Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Pendidikan

Authors

  • Aryadi SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat

Keywords:

lingkungan, pembelajaran, pendidikan karakter

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah membahas tentang makna dan peran lingkungan pendidikan dalam pendidikan karakter. Metoda analisis yang digunakan dalam pembahasan topik utama menggunakan model analisis causal efektual dengan meninjau hubungan rasional, yang menganalisa hubungan sebab akibat antara lingkungan pendidikan pada pendidikan karakter dengan sumber utama dari literature review. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa lingkungan pendidikan memberikan pengaruh besar dalam pendidikan karakter. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk penyelenggaraan pendidikan karakter perlu ditopang oleh lingkungan pendidikan yang baik

References

Ali, Z. (2007). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarata.

Aushop, A. Z. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia Berakhlak Qurani. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Febriani, N. A. (2014). Ekologi Berawawasan Gender dalam Perspektif Al-Quran. Bandung: Mizan.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2013). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik

di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (2013). Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Bumi Aksara.

Noegroho, A. (2010). Teknologi Komunikasi. Jogyakarta: Graha Ilmu.

Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). “Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach”. International Journal of Basic and Applied Science, 03(01), 47-56.

Ramdhani, M. A., & Ramdhani, A. (2014). “Verification of Research Logical Framework Based on Literature Review”. International Journal of Basic and Applied Science, 03(02), 1-9.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemanto, W. (2003). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tobing, P. L. (2007). Knowledge Management: Konsep, Arsitektur, dan Implementasi. Jogyakarya: Graha Ilmu.

Wahjono, S. I. (2010). Perilaku Organisasi. Jogyakarta: Graha Ilmu.

Zaini, A. H. F. (2013). Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islami. Bandung: Gunung Djati Press.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles