Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Google Classroom di SMA Negeri 1 Darma Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Maemunah SMA Negeri 1 Darma Kuningan Jawa Barat

Keywords:

Google Classroom; Covid-19; inovasi pendidikan; pendidikan Agama Islam

Abstract

Proses pembelajaran merupakan totalitas aktivitas pembelajaran yang diawali dengan perencanaan dan diakhiri dengan evaluasi dan refleksi atau tindak lanjut. Perkembangan ilmu pengetahuan diikuti dengan perkembangan teknologi informasi internet dan teknologi mutakhir. Dengan adanya inovasi pendidikan, proses pembelajaran dapat dikembangkan dan ditingkatkan mutu kualitasnya dengan teknologi informasi yang lebih dikenal dengan google classroom. Google classroom  merupakan media pembelajaran baru dalam pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dimasa pandemic Covid-19. Permasalahan yang dihadapi pihak sekolah dan guru adalah kemampuan menerapkan google classroom, budaya belajar mandiri yang kurang, guru yang belum mampu menggunakan dan mengembangkan pembelajaran secara google classroom serta sistem jaringan internet yang tidak dapat diakses. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Implementasi google classroom sering menimbulkan perdebatan dikalangan sekolah SMA Negeri 1 Darma. Pada proses pembelajaran secara google classroom, terjadi inovasi dan interaksi antara pembelajar dengan sumber belajar, antara guru dan peserta didik. Inovasi pembelajaran PAI melalui dapat dibedakan menjadi dua yakni, a)  google classroom   digunakan  sepenuhnya  untuk  pembelajaran  PAI  di  SMA Negeri 1 Darma, b) Pembelajaran google classroom pada SMA Negeri 1 Darma dijadikan sebagai pelengkap pembelajaran konvensional.

References

Allen, Michael, Guide to Google Classroom, Canada: John Wiley & Sons, 2013. Ardiansyah, IvanEksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan

Ancok, Djamaluddin, psikologi Kepemimpinan dan Inovasi, Surabaya: Erlangga, 2019.

B. Miles dan Michael A. Huberman, Qualitative data Analysis, Beverly Hills: Sage Publication, 1984

Chandrawati, Sri Rahayu, Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/. 2020.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Jakarta: Balai Pustaka, 1997, Cet.ke-2.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Jhon Echold, Hasan Sadely, Kamus Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, Jakarta: Gramedia, 1995.

L. Gavrilova, Marina, Computational Science and Its Applications-ICCSA: 6th International Conference. Glasgow, UK: Springer Methew, 2006.

Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Munir Strategi Pengembangan B2b E-Commerce, Bahan Kuliah pada Prodi Pendidikan Ilmu Komputer UPI Bandun, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 12 November 2007.

Soekartawi, Google Classroom di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang. Presentasi pada Seminar Google Classroom perlu e-Library, Surabaya: Universitas Petra, 03 Februari 2019.

Syafaruddin, Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap kebijakan Baru Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2002.

Trimo, Soejono, Pengembangan Pendidiakan, Bandung: Remaja Karya, 1986. Ivo Yani, Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran (http://www.bpplsp- reg-1.go.id/e).

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles