Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas IXA SMPN 60 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Khoirul Anwar SMPN 60 Bengkulu Utara

Keywords:

Hasil Belajar, PAI, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran  Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa Kelas IX A di SMPN 60 Bengkulu Utara. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)/Clasroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas merupakan bagian dari pada penelitian tindakan (Action Research) yang memiliki arti penelitian tentang, untuk, dan oleh masyarakat/ kelompok sasaran, dengan memanfaatkan interaksi, partisipasi, dan kolaborasi antara peneliti dengan kelompok sasaran. Tempat penelitian yaitu di SMPN 60 Bengkulu Utara yaitu Kelas IXA. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 60 Bengkulu utara. Hal ini dapat dilihat dari, Pertama: Hasil tes menunjukkan adanya persentase ketuntasan, yaitu pada Siklus I 63,16 % dan meningkat pada siklus II 94,74%. Kedua, Hasil pengamatan : (1) kegiatan pembelajaran yang semakin tertib, lancar dan kondusif pada setiap siklus, (2) peningkatan kualitas aktivitas (siswa menjadi lebih aktif) dalam pembelajaran yang menggunakan model problem based learning, (3) peningkatan keadaan siswa yang dilihat dari peningkatan keadaan minat, respon, keaktifan, daya serap siswa pada setiap siklus.

References

Abuddin Nata, 2001, perspektif islam tentang pola hubungan guru murid, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Cholid Narbuko, Abu Achmadi, 2015, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT BumiAksara

Dimyati, Moedjiono. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamaroh, Bahri Saiful.2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineke Cipta

https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.htmll

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Moh. Nazir, 2005, Metode Penelitian, (Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Mulyasa, 2011, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan ke 5. Jakarta: PT Rineke Cipta

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles