Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Berorientasi Pada Akhlak Siswa

Authors

  • Marhamah SDN 4 Cikembulan

Keywords:

Akhlakul Karimah; Pendidikan Agama Islam; Insan Kamil

Abstract

Untuk benteng pertahanan diri anak didik dalam menghadapi berbagai tantangan, maka perlu menanamkan pendidikan agama yang kuat dalam diri anak, sehingga dengan pendidikan agama ini, pola hidup anak akan terkontrol oleh rambu-rambu yang telah digariskan agama Oleh karenanya guru harus memiliki strategi, khususnya yang menyangkut pengembangan akhlak siswa baik dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan di luar kelas ataupun kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran. Masalah yang timbul dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di Kelas 4 SD Negeri 4 Cikembulan, 2) Bagaimana pengembangan akhlak siswa di Kelas 4 SD Negeri 4 Cikembulan, 3) Bagaimana strategi  pembelajaran pendidikan agama Islam yang berorientasi pada pengembangan akhlak siswa di Kelas 4 SD Negeri 4 Cikembulan Kecamatan Sidamulih Kabupaten Ciamis. Secara spesifik, tujuan yang hendak dicapai dari penelitian berdasarkan pada rumusan masalah di atas adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di Kelas VI SD Negeri 4 Cikembulan, 2) Untuk mengetahui pengembangan akhlak siswa di Kelas VI SD Negeri 4 Cikembulan, 3) Untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang berorientasi pada pengembangan akhlak siswa di Kelas VI SD Negeri 4 Cikembulan Kecamatan Sidamulih Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualiatatif karena dalam menjawab permasalahan memerlukan pemahaman dan analisis yang mendalam serta komprehensif untuk menghasilkan kesimpulan-kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan didukung oleh deskriptif berupa data yang tertulis ataupun lisan dari subjek yang diamati. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi Pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Cikembulan, meliputi strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran yang disebut dengan strategi instruksional yaitu mencakup kegiatan pra instruksional, penyajian informasi, partisipasi siswa, tes, dan tindak lanjut. 2) Akhlak siswa di SD Negeri 4 Cikembulan, meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, akhlak kepada diri sendiri, dan akhlak kepada guru yang diaplikasikan dengan membiasakan perilaku terpuji,  membiasakan perilaku jujur, membiasakan perilaku bertanggung jawab, membiasakan perilaku hidup bersih, membiasakan perilaku disiplin.

References

Ardani, Moh. (2005) Akhlak Tasawuf, PT. Mitra Cahaya Utama, Cet ke-2, Jakarta

Arifin, M, (1987) Filsafat Pendidikan Islam Cet ke-1, Bina Aksara, Jakarta

Armai, Arif (2002) Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, CIPUTAT PRES, Jakarta:

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Anjaswara, Rendra, dan H Hardivizon. “Preferensi Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Menanggapi Perilaku Konsumsi Masyarakat Saat Musim Panen.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 2, no. 2 (2017): 81–102. doi:10.29240/jie.v2i2.246.

Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Fernandes, Sisco, dan H Hardivizon. “Hubungan Interpersonal Skill Karyawan terhadap Minat Masyarakat Muslim Menjadi Anggota Koperasi Syari’ah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 2 (2016): 129–46. doi:10.29240/jie.v1i2.97.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Barnadib, Imam, Sutari, (1986) Pengantar Ilmu Pendidikan, Sistematis, FIP IKIP, Yogyakarta

Chabib, Thoha at.al, (2004) metodologi pengajaran agama, PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta

Daradjat, Zakiah at.al, (1992) Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Cet ke-2 Jakarta

Majid, Abdul (2004) Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. Ke-1

Marimba, D., Ahmad, (1981) Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Al-Maarif, Cet ke-5

Moleong, Lexy J. (2002).Metododologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya.Bandung

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles