Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran PAI Dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Moral Siswa (Studi Kasus di SDN 01 Negara Mulya Kecamatan Negara Batin Way Kanan Lampung)
Keywords:
Pendidikan, Nilai, PAI, MoralAbstract
Penelitian ini difokuskan pada implemntasi pendidikan nilai dalam mata pelajaran PAI di SDN 01 Negara Mulya Kecamatan Negara Batin Way Kanan dan implikasinya terhadap perkembangan moral siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif digunakan karena metode ini dapat menjawab permaslahan yang telah ditentujan secara komprehensif. Selain itu dengan metode ini akan diperoleh data yang lebih lengkap, lebih mendalam, kredibel dan bermakna. Adapun hasil penelitiannya adalah bahwa Pembelajaran PAI di SDN 01 Negara Mulya Kecamatan Negara Batin Way Kanan diarahkan untuk mencapai standar kompetensi yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dan Pembelajaran nilai melalui mata pelajaran PAI memberi dampak bagi perkembangan moralitas siswa yang tercermin dalam perilaku keberagamaan mereka. Salah satu indikator yang dapat diukur adalah adanya perubahan dan kemajuan dalam perilaku keberagmaan siswa, seperti peningkatan komitmen keberagamaan siswa, tumbuhnya kepedulian social kepada sesama serta ketaatan dalam menjaga etika pergaulan.
References
Azra, Azyumardi, Paradigma Pendidikan Nasional,Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta, Kompas, 2002.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hardivizon, Hardivizon, Mhd Sholihin, dan Anrial Anrial. “Relasi Agama dan Pilihan Nasabah: Grounded Theory dan Reposisi Agama pada Pilihan Nasabah Bank Syariah di Bengkulu.” Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian 4, no. 1 (2016): 1–19. doi:10.15548/turast.v4i1.306.
Hardivizon, dan Muhammad Sholihin. “Hybrid Rationality behind Customers’ Choices of the Islamic Banks : An Experience of Bengkulu, Indonesia.” Journal of Islamic Thought and Civilization 11, no. 1 (2021): 175–200. doi:10.32350/jitc.111.10.
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473
Kohlberg, Lawrence, The Cognitive Development Approach to Moral Education dalam Contemporary Issues in Educational Psychology, Boston, Allyn and Bacon, Inc, 1979 .
Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Alfabeta, Bandung, 2004.
R. Gerow, Josh, Psychology An Introduction, London, Scott, Foresman Company, 1989.
Sudarminta, Pendidikan Moral di Sekolah, Jalan Keluar Mengatasi Krisis Moral Bangsa ?, dalam Tonny D. Widiastono ed., Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta , Kompas, 2004
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mungisatul Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.