Pengaruh Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI DI SMP Negeri 11 Mukomuko

Authors

  • Noni Permanasari SMP Negeri 11 Mukomuko Kec. Pondok Suguh Kab. Mukomuko

Keywords:

Hasil Belajar PAI; Materi Mencontoh Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah SWT; Model Pembelajaran Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini  dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  dalam pembelajaran PAI  materi  Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning siswa kelas  VII-B SMP Negeri 11 Mukomuko semester II tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua periode, pada masing-masing periode, peneliti menggunakan beberapa prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setelah dilakukan tindakan, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dalam penelitian ini digunakan Teknik pengumpulan data. Jika hasil belajar telah mencapai KKM sebesar 75 maka siswa dinyatakan berhasil dalam pembelajaran tersebut. Dan ketuntasan belajar secara klasikal dinyatakan berhasil jika mencapai 85%. Implementasi model pembelajaran Discovery Learning, menunjukkan hasil  penelitian pada Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 19 siswa atau sebesar 54,29% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 16 siswa atau sebesar 77,14%. Pada akhir siklus II, sebanyak 3 siswa atau sebesar 45,71% siswa belum tuntas, dan sebesar 91,43% atau sebanyak 32 siswa sudah mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesaar 73,14 dan raat-rata kelas pada siklus II sebesar 85,71. Adapun hasil tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan perilaku siswa ynag lebih aktif, kreatif dan inovatif selama pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 52,86%, dan ketuntasana belajar siswa secara keseluruhan mencapai peningkatan sebesar 68,57% dari kondisi awal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi Meneladani ketaatan Malaikat-malaikat Allah SWT. siswa kelas VII-B SMP Negeri 11 Mukomuko semester II tahun pelajaran 2021-2022

References

Dimyati dan Mudjiono, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Euharini, dkk. 2007. Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O.2003. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hidayat, K, 2002. Active Learning. Yogyakarta: Yappendi.

Ibrahim, M. 2012. Model Pembelajaran Discovery. Surabaya: Unesa University Press.

Lie, A. 2002. Discovery Learning. Jakarta: Grasindo.

Hanafiah, N. (2012). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama. Diakses pada 08 Mei 2022, dari https://serupa.id/discovery-learning/

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia. Diakses pada 08 Mei 2022, dari https://serupa.id/discovery-learning/)

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Diakses pada 08 Mei 2022, dari https://serupa.id/discovery-learning/

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles