Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik
Keywords:
Peserta Didik, Peranan Guru, Pendidikan, AkhlakAbstract
Pendidikan akhlak pada masa sekarang ini sangat memprihatinkan dan terpuruk, hal ini terbukti banyak terjadinya perliku-perilaku yang melanggar asusila yang menimbulkan kekacauan bagi dirinya sendiri pribadi maupun keresahan masyarakat pada umumnya. Hal ini juga diwujudkan oleh adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern sehingga nilai-nilai akhlak terabaikan begitu saja karena kurangnya penanaman dan pengamalan pembelajaran akhlak tersebut. Budaya luar yang negatif mudah terserap tanpa ada filter yang cukup kuat. Gaya hidup modern yang tidak didasari akhlak atau budi pekerti cepat ditiru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak peserta didik dan untuk mengetahui peranan guru PAI dalam membentuk akhlak peserta didik yang baik. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan melakukan observasi dan studi dokumen di Sekolah SDN 2 Babakanreuma. Hasil penelitian menunjukkan Keadaan Akhlak Siswa di SDN 2 Babakanreuma pada umumnya sudah cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa yang masih mempunyai akhlak kurang baik. Guru PAI memiliki pernan sebagai pembimbing, penasehat dan teladan bagi peserta didik
References
Abidin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001), Cet. 2.
Abdul Mujib, et.al., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Kencana, 2006)
Black James and Dean J Champion, Method And Issues in Social Research (New York: Wiley and Sons Inc, 1976)
Carol A. Bailey, A Guide to Qualitative Field Research (Thousand Oaks: Pine Forge Press, 2006)
Emzir, Metodologi Penulisan Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif Korelasional Eksperimen Ex Post
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839
Getteng, Rahman, Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika, Yogyakarta: Grha Guru, 2012.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Juhyi, Peran Urgen Guru dalam Pendidikan, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin. Vol. 10 Nomor 1, 2016
Lexy J. Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif ( Bandung : Remaja Rosda Karya, 2007), Fakto Etnografi Grounded Theory Action Research (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.
Masyhur, Kahar, Membina Moral & Akhlak, Cet. 1; Jakarta: PT Renika Cipta, 1994
Muntholi’ah, Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PAI, (Semarang : Gunungjati, 2002), Cet. 1.
Mustofa, A., Akhlak Tasawuf, Cet. ll; Bandung: CV Pustaka Setia, 1999
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Sinaga, Sinaga dan Zahruddin AR, Pengantar Studi Akhlak, Cet.1; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004
Sumardi Suryabrata, Metodologi Penelitian (Jakarta: Rajawali Press, 1989), 16.
Syamsu Sanusi, Strategi Pembelajaran: Meningkatkan Kompetensi Guru, (Cet. 1; Makassar: Aksara Timur, 2015)
Robert K. Yin, The Case Study Anthology (California: Sage, 2004)xix.
Zainuddin, Fauziah, “Wawasan al-Qur’an tentang Pendidikan Karakter”, disertasi, Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2017.
Zaen, Muhammad, Barometer Akhlak Mulia, t.cet; Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Zainuddin, Fauziah, “Wawasan al-Qur’an tentang Pendidikan Karakter”, disertasi, Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2017.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Guru dan Dosen
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nunung Erlinung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.