Peningkatan Proses Belajar Peserta Didik Melalui Metode Numbered Head Together Berbantu Media Gambar Di SDN 01 Kota Jawa

Authors

  • Nurhidayati DN 01 Kota Jawa, Kec.Negara Batin, Way Kanan, Lampung

Keywords:

Proses belajar; Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Numbered Head Together; Media gambar

Abstract

Belajar merupakan suatu kebutuhan manusia untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas dirinya. Maka pembelajaran PAI tidak hanya menuntut peserta didik untuk memahami apa yang telah dipelajari, tetapi juga harus memberikan contoh-contoh sosial yang nyata di lingkungan masyarakat, dan juga ketakwaannya kepada Allah SWT. Pembelajaran PAI di sekolah dasar hendaknya melelui suatu kegiatan pembelajaran yang disenangi dan bermakna bagi peserta didik agar tujuan dari pembelajaran PAI dapat tercapai. Supaya pembelajaran disenangi dan diminati oleh para peserta didik, maka para pendidik harus mampu memilih metode pembelajaran yang tepat salah satunya metode pembelajaran Numbered Head Together berbantu Media Gambar. Media gambar ini merupakan salah satu contoh media pembelajaran yang efektif yang mampu merangsang siswa untuk tertarik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses belajar peserta didik dengan menggunakan metode numbered head together berbantu media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Kota Jawa, Kecamatan Negara Batin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan analisis data bahwa dengan menggunakan metode numbered head together berbantu media gambar dapat meningkatkan proses belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Berperilaku Terpuji peserta didik kelas V SDN 01 Kota Jawa, Kecamatan Negara Batin, Kabupaten Way Kanan. Hal ini dibuktikan dari hasil proses belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari tiap siklusnya

References

Arsyad, A. (2014) Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Budiywono, E. (2017) ‘Pengaruh Variasi Metode Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Pendidikan, komunikasi dan pemikiran hukum islam, 8(2), p. 261.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Majid, A. (2013) Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mumu, J. and Tanujaya, B. (2016) Penelitian Tindakan Kelas Penduan Belajar, Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nursyamsi SY, Aloysius duran, herawati susilo (2016) ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa’, Pendidikan, 1(10), p. 1996.

Sadirman (2014) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Salahudin, A. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Suharsimi, A. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tampubolon, S. (2014) Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles