Gangguan Dan Hambatan Perkembangan Pada Anak Usia Dini
Keywords:
Gangguan Anak; Perkembangan AnakAbstract
Anak merupakan generasi masa depan bangsa. Anak dengan tumbuh kembang yang baik akan menghasilkan anak dengan kualitas yang baik pula dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya hambatan dalam perkembangan tidak selalu berarti buruk, namun sesuatu yang perlu disadari dan dicari solusinya agar hambatan tersebut bisa segera diselesaikan dengan baik dan anak dapat mengejar pertumbuhan dan perkembangannya yang baik dan sesuai. Pada masa-masa golden age seluruh pertumbuhan dan perkembangan anak dapat mempengaruhi fase perkembangan selanjutnya. Karenanya dalam masa golden age orang tua maupun pendidik harus membimbing dan mendampingi anak-anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Gangguan dan hambatan yang mereka alami dalam pertumbuhan dan perkembangannya harus segera di atasi dan dicarikan solusinya agar tidak memperparah keadaan mereka kelak saat dewasa.
References
Asror, Miftahul (2002). Mencetak Anak Berbakat Cerdas Intelektual dan Emosional. Surabaya: Jawara Surabaya
Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.
Anjaswara, Rendra, dan H Hardivizon. “Preferensi Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Menanggapi Perilaku Konsumsi Masyarakat Saat Musim Panen.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 2, no. 2 (2017): 81–102. doi:10.29240/jie.v2i2.246.
Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27.
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Fernandes, Sisco, dan H Hardivizon. “Hubungan Interpersonal Skill Karyawan terhadap Minat Masyarakat Muslim Menjadi Anggota Koperasi Syari’ah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 2 (2016): 129–46. doi:10.29240/jie.v1i2.97.
Herliafifah, Riska (2021). Gangguan Belajar Pada Anak, Ketahui Jenis, Ciri dan Mengatasinya. website: https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/gangguan-belajar-anak/ di akses pada 19 Mei 2022
Hidayati, Zulaehah dan Ratihqah Munar Wahyu (2015). Time Out dalam Parenting. Jakarta : Esensi Erlangga
https://www.abanaonline.com/2016/10/mengatasi-anak-hiperaktif-menurut-islam.html di akses pada 20 Mei 2022
https://dosenpsikologi.com/cara-mendidik-anak-hiperaktif di akses pada 19 Mei 2022
https://www.farmaku.com/artikel/perbedaan-adhd-dan-hiperaktif/ di akses pada 19 Mei 2022
https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/anak-hiperaktif/ di akses pada 19 Mei 2022
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Penyakit#:~:text=Gangguan%20adalah%20kelainan%20atau%20kekacauan,dan%20perilaku%2C%20dan%20gangguan%20fungsional diakses pada 20 Mei 2022
KBBI Online. https://kbbi.web.id diakses pada 19 Mei 2022
Mahabbati, Aini. (2006). Identifikasi anak dengan gangguan emosi dan perilaku di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Khusus (JPK) ISSN 1858-0998 Vol. 2 No. 2. Tahun 2006
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017)
Rachman, M. Fauzi (2011). Islamic Parenting. Jakarta: Erlangga.
Rita Eka Izzati (2017). Perilaku Anak Pra Sekolah. Jakarta: PT Gramedia
Riyadh, Sa’ad (2010). Mendidik Anak Cinta Al-Qur’an. Jakarta Timur: Khatulistiwa Press
Septian Kalis, Gerardus (2021). 7 Faktor yang dapat menghambat tumbuh kembang Anak. 08 Oktober 2021, website : https://doktersehat.com/ibu-dan-anak/bunda-anak/faktor-yang-dapat-menghambat-tumbuh-kembang-anak/ di akses pada 19 Mei 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novita Purwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.