Metode Pendidikan Akhlak Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari Dalam Kitab Washoya Al-Aba’ Li Al-Abna’

Authors

  • R. Muhammad Tri Raharjo SMPN 2 Semaka, Kab. Tanggamus

Keywords:

Metode; Pendidikan Akhlak; Washoya Al-Aba’ li Al-Abna’.

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dialami oleh manusia sekarang ini tidak sedikit dampak negatifnya terhadap sikap dan perilakunya; baik ia sebagai manusia yang beragama, maupun sebagai makhluk individual dan sosial. Melihat keadaan di era sekarang jelaslah sangat dibutuhkan ilmu akhlak yang diajarkan sejak dini oleh para guru dan ustadz kepada murid dengan metode yang baik, yang berguna sebagai benteng para anak didik ketika sudah menginjak dewasa dan memulai kehidupan bermasyarakat. Banyak sekolah dan universitas mampu mencetak lulusan siswa dan sarjana yang hebat namun kebanyakan mereka sangat minim dengan yang namanya akhlaqul karimah. Kitab Washoya al-Aba’ li al-Abna’ merupakan buah pemikiran pendidikan akhlak Syaikh Muhammad Syakir al-Iskandari yang jika digali dan diteliti maka akan ditemukan materi-materi pendidikan akhlak dan metode pendidikan akhlak yang diigunakan untuk mendidik akhlak. Pemikiran tersebut sangat penting untuk dijadikan sebagai masukan dalam memberikan solusi alternatif terhadap persoalan-persoalan dalam bidang akhlak yang ada dizaman modern khususnya dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hal tersebut diatas, rumusan masalah penelitian ini adalah Apa saja metode pendidikan akhlak yang digunakan Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam kitab Washoya Al-Aba’ li Al-Abna’?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendidikan akhlak yang digunakan Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam kitab Wasoya Al-Aba’ li Al-Abna’. Berdasarkan analisa yang didapat, dapat disimpulkan bahwa metode pendidikan akhlak yang dipakai Syaikh Syakir Al-Iskandari dalam kitab Washoya adalah: metode pembiasaan, metode nasihat, metode hadiah dan hukuman, metode tanya jawab, metode kisah dan keteladanan, metode perumpamaan dan perbandingan.

References

A.Mustofa, Akhlak Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia, 2005

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Ibnu Hajar al-‘Asqolani, Bulughul Maram min Adillatil Ahkam,tt: penerbit al-Haramain, tt

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Reaserch Sosial, Bandung: Alumni, 1980

Muhammad Syakir, Washoya al-Aba’ li al-Abna’, Surabaya: Maktabah Sa’id Bin Nasir Nabhan,tt

M. Iqbal Hasan, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: GaliaIndonesia, 2002

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Sumaryadi Suryabrata, Metode Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999

Sutrisno Hadi, Metodologi Reseach Jilid 2, Yogyakarta: Andi Offset, 2004

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Syekh ‘Abdullah asy-Syarqawiy, Syarh al-Hikam,Semarang: Maktabah ‘Alawiyyah,tt

Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles