Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PAI Pada Kelas IV SD Negeri 1 Talang Jawa Merbau Mataram Lampung Selatan Dengan Model Pembelajaran Example Non Example
Keywords:
hasil belajar, pendidikan agama islam, example non exampleAbstract
Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak terlepas dari pemanfaatan media pembelajaran dan metode pengajaran yang tepat. Belajar dengan menggunakan gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Belajar seperti ini lebih efektif dari pada belajar berdasarkan ceramah, menulis, dikte. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas menggunakan Model Pembelajaran Example non Example, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus. Belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Example non Example bertujuan memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar siswa, juga mendorong siswa untuk belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Belajar seperti ini lebih efektif dari pada belajar berdasarkan ceramah, menulis, dikte. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non-Examples dapat memperbaiki kinerja guru dan keaktifan siswa. Pada setiap siklus yang dilakukan, juga meningkatnya hasil belajar siswa, hal ini berarti meningkatnya kinerja guru juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa
References
Drs. SuparnoAchmad, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kelas 4, Yudhistira, 2019
Hera Lestari Mikarsa ,dkk Pendidikan Anak di SD.Jakarta, Universitas Terbuka,2007
http://irawatiardi.blogspot.co.id/2014/12/model-pembelajaran-example-non-example.html
Oemar Hamalik, Encyclopedia of Educational Research 2004.
Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd., dkk. Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam, 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sodri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.