Penerapan Media Pembelajaran Lempar Kartu Unruk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP N 13 Rejang Lebong

Authors

  • Ria Agustini SMPN 13 Rejang Lebong

Keywords:

Hasil Belajar, Media Lempar Kartu, Media Lempar Kartu, Pembelajaran Agama Islam

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Media Pembelajaran Lempar Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Islam Padasiswa kelas VIII SMP N  13  Rejang Rebong”. Ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 13 Rejang Lebong menggunakan media lempar kartu dengan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur yang digunakan mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan tindakan penunjukan peningkatan secara segnifikan dimana nilai rata-rata siswa pada siklus I 70,00 dan mengalami peningkatan pada siklus ke II dimana nilai rata-rata siswa 80,90. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa merupakan dampak dari pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran lempar kartu. Dari hasil pengujian ada perbedaan hasil belajar antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil ini disarankan bahwa guru hendaknya dapat menggunakan dan menerapkan media pembelajaran lempar kartu dalam pembelajaran agama Islam dan diharapkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Berg. Euwe Vd. 1991. Miskonsepsi Agama Islam dan Remidi. Salatiga: Universitas Kristen Satya wacana.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hamalik. Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Masriya. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru-guru Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: Universitas press Universitas Negeri Surabaya.

Sudjadi, dkk. 2008. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoko. 2000. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles