Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Al-Qur'an Surat Al-Falaq Melalui Model Pembelajaran Direct Intruction Pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 3 Waringinsari Timur

Authors

  • Ro’yin Khasanah SD Negeri 3 Waringinsari Timur, Lampung

Keywords:

Hasil Belajar, Direct Instruction, Surat Al-Falaq

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas dengan melibatkan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Waringinsari Timur sebagai objeknya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara tes dan non-tes. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa perolehan nilai siswa dapat meningkat Kriteria Ketuntasan Minimal /KKM (68). Disamping itu, penggunaan model pembelajaran Direct Instruction juga dapat mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran

References

Dedy Juliandri. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. Jurnal Mathematic Paedagogic. Vol I. No. 1, September 2016, hlm. 83-90. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/158

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Rohani. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sdn 167644 Kota Tebing Tinggi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed Vol 4, No 1 (2015). 61-70. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/vie w/2901

Rakian, Dina, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik di Kelas 1 SD Negeri Kolongan. Panjaitan

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles