Implementasi Kegiatan Sholat Duha di Madrasah Ibtidaiyah Ismaria Al-Qur’aniyyah

Authors

  • Safti Yoni Marlin MI Ismaria Al-Qur’anniyyah, Bandar Lampung

Keywords:

Implenentasi, Sholat Dhuha

Abstract

Sholat secara bahasa berarti berdoa sedangkan dalam pembagiaannya sholat di bagi menjadi sholat wajib dan sholat sunnah dalam pengertiannya  sholat wajib adalah sholat yang dikerjakan dapat pahala sedangkan jika ditingalkan mendapat dosa contohnya sholat fardhu 5 waktu yaitu sholat isya,sholat subuh,sholat zuhur,sholat ashar dan sholat maghrib sedangkan sholat sunnah adalah sholat selain 5 fardhu yang kalau dikerjakan dapat pahala dan ditingalkan tidak berdosa.Sholat duha merupakan sholat sunnah yang mempunyai arti sholat sunnah yang dikerjakan ketika matahari baru naik. Didalam pelaksanaan sholat duha yang dilaksanakan di MI Ismaria AL-Qur’anniyyah yang diadakan pada waktu sebelum masuk sekolah pada setiap kelas masing-masing untuk lebih fokus mengajari sholat duha sedangkan pada hari jum’at diadakan sholat duha ditempat bersamaan.Pada makalah ini akan dipaparkan Implementasi kegiatan sholat duha di madrasah ibtidaiyah Ismaria Al-Qur’aniyyah

References

Arikunto, Hasbi ash M. 1987. Pengantar Ilmu Fiqih. Jakarta: PT. Rineka cipta

Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hamidi. 2004, Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM press Aplikasi Praktis Pembuatan Prosal dan Laporan Penelitian.

Hasan, Iqbal M. 2002. Metodologi enelitian dan Amplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ramulyo, Idris Mohd. 1995. Asas-Asas Hukum Islam. Jakarta: Sinar Grafik

Widanarko, Sulistyoweni, dkk. 2007. Pedoman lenjamin mutu akademik. Depok: Badan Pwnjamin Mutu Akademik UI.

http://etheses.uin-malang.ac.id/7228/1/081400028

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles