Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar Di SDN 2 Sukahurip

Authors

  • Siti Julaeha SDN 2 Sukahurip

Keywords:

Penggunaan Gadget; Anak Usia Sekolah Dasar; Perkembangan Psikologi

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah terdapat dampak yang ditimbulkan terhadap penggunaan gadget (dampak positif maupun dampak negatif) terhadap perkembangan mental anak usia sekolah dasar di SD terutama di kelas V SDN 2 Sukahurip. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga data yang dihasilkan berupa kata dan kalimat. Metode kualitatif digunakan untuk meneliti suatu kondisi obyek yang bersifat alamiah, peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (observasi, wawancara, dokumentasi), dan hasil penelitian kualitatif bersifat memahami makna, keunikan, mengkontruksi fenomena, dan menemukan hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan gadget berdampak pada perkembangan psikologi anak sekolah dasar. Dalam penelitian ini anak yang menggunakan gadget dengan durasi lebih dari 2 jam perhari mengalami perubahan perilaku. Dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif, anak mudah mencari informasi tentang pembelajaran, dan memudahkan untuk berkomunikasi dengan teman. Namun, dampak negatif yang ditimbulkan dari gadget, berpengaruh pada perkembangan psikologi anak, terutama aspek pertumbuhan emosi dan perkembangan moral. Dalam pertumbuhan emosi, anak yang menggunakan gadget menjadi mudah marah, suka membangkang, menirukan tingkah laku dalam gadget serta berbicara sendiri pada gadget. Sedangkan pengaruhnya terhadap perkembangan moral, berdampak pada kedisiplinan, anak menjadi malas melakukan apapun, meninggalkan kewajibannya untuk beribadah, dan berkurangnya waktu belajar akibat terlalu sering bermain game dan menonton youtube.

References

Asmaul Chusna, Puji. (2017). PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17(2), 315-330.

Diah Saputri, Adek dkk. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini. Online ISSN (e-ISSN): 2548-4516 Volume 3.

Frahasini dkk. (2018). The Impact of The use of Gadgets in School of School Age Towards Children’s Social Behavior in Semata Village. Journal of Educational Social Studies 7 (2), 161-168.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hana Pebriana, Putri. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interkasi Soaial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1), 1- 11.

Latifa, Umi. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 1 (2), 185-196.

Mayar, Farida. (2013). PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI SEBAGAI BIBIT UNTUK MASA DEPAN BANGSA. Al-Ta’lim Journal 20 (3), 459-464.

Proklamasi Hasibuan, Rukiah. (2017). PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 1.

Ridwan, Admin. (2017). PERAN GURU AGAMA DALAM BIMBINGAN KONSELING SISWA SEKOLAH DASAR. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 4 (1), 1-13.

Romli, Muhammad. (2016). Profil kemampuan koneksi matematis siswa perempuan SMA dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Journal of mathematics education, science & tehnology. 1(2), 145-157.

Setianingsih, dkk. (2018). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DAPAT MENINGKATKAN RESIKO GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS. Gaster: Jurnal Kesehatan 16 (2), 191-205.

Warisyah, Yusmi. (2015). PENTINGNYA “PENDAMPINGAN DIALOGIS” ORANG TUA Prihatiningtyas, Nindy C. & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.

Yuniawati. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisin Khusus No 2 DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI. Seminar Nasional Pendidikan, 130-138

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles