Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran PAI Dan BP Pada Siswa Siswi SMP Yapindo Tulang Bawang Kelas VIII A

Authors

  • Wiwik Ariyani SMP Yapindo Tulang Bawang Lampung

Keywords:

Demonstrasi, Penerapan, Pembelajaran Metode

Abstract

Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Yapindo Tulang Bawang. Metode pembelajaran adalah salah satu faktor yang menentukan terhadap keberhasilan belajar mengajar. Dengan metode guru dapat menyampaikan materi pelajaran sehingga mudah dipahami dan dapat dimengerti oleh murid. Seorang guru terutama guru Pendidikan Agama Islam perlu mengetahui dan mampu menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pendidikan adalah untuk semua. Dalam hal ini SMP yang memberikan Pendidikan umum juga menyelenggarakan Pendidikan Agama Islam terhadap murid didiknya. Dari latar belakang masalah diatas, maka permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi murid SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Yapindo dan faktor- faktor yang mempengaruhinya pelaksanaan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dan murid di SMP Yapindo, sedangkan objek penelitian ini adalah metode demonstrasi yang dilaksanakan pada VIII. Populasi penelitian ini adalah guru PAI dan murid SMP Yapindo, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel research). Pengumpulan data di lakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumenter. Adapun dalam menganalisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikam fenomena yang ada. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pola berpikir induktif ke deduktif. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Yapindo telah berjalan dengan baik dan terlaksana yang mana dimulai dengan persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran, pelaksanaan dalam pembelajaran yang meliputi materi yang akan disampaikan metode serta pendekatan dan evaluasi pada akhir pembelajaran, sedangkan faktor yang mempengaruhinya guru yang memiliki keterbatasan dalam penyampaian materi, murid cukup aktif pada waktu proses pembelajaran dan sarana dan prasarana masih kurang mendukung proses pembelajaran.

References

Arsyad, Azhar, 2002, PAI dan BP dan Metode Pengajarannya (Beberapa Pokok Pikiran) Pustaka Pelajar. Makasar.

Arikunto, Suharsimi, 2002 , Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri, Syaiful, 2002, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

I.L. Pasaribu, dkk, 1986. Detaktik dan Metodik. Tarsito, Bandung.

Imansjah Alipandie, 1984. Detaktik Metode Pendidikan Umum. Usaha Nasional, Surabaya.

Moh. Uzer Usman, 1992. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya, Bandung

Roestyah, 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

S. Nasution, 1986. Detaktik Azas-Azas Belajar. Jemmars, Bandung.

Sardiman, 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali, Jakarta

Yusuf, Tayar, 1997. Metodologi Pengajaran Agama dan PAI dan BP. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles