Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 2 Lambu Kibang

Authors

  • Zeni Nur Azizah SDN 2 Lambu Kibang, Tulang Bawang Barat, Lampung

Keywords:

Aktivitas Belajar; Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Make A Match; Media Kartu

Abstract

Belajar merupakan suatu kebutuhan manusia untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas dirinya. Mata pembelajaran PAI tidak hanya menuntut peserta didik untuk memahami apa yang telah dipelajari, tetapi juga harus memberikan contoh-contoh sosial yang nyata di lingkungan masyarakat, dan juga ketakwaannya kepada Allah SWT. Pembelajaran PAI di sekolah dasar hendaknya suatu kegiatan pembelajaran yang disenangi dan bermakna bagi peserta didik agar tujuan dari pembelajaran PAI dapat tercapai. Supaya pembelajaran disenangi dan diminati oleh para peserta didik, maka para pendidik harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran Make a Match berbantu Media Kartu. Media kartu ini merupakan salah satu contoh media pembelajaran yang efektif yang mampu merangsang siswa untuk tertarik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Make a Match berbantu media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN 2 Lambu Kibang Kecamatan Lambu Kibang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan analisis data bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match berbantu media kartu dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Berperilaku Terpuji peserta didik kelas IV SDN 2 lambu Kibang Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari tiap siklusnya.

References

Arsyad, A. 2014 Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Budiywono, E. 2017 ‘Pengaruh Variasi Metode Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Pendidikan, komunikasi dan pemikiran hukum islam, 8(2), p. 261.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Majid, A. 2013 Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mumu, J. and Tanujaya, B. 2016 Penelitian Tindakan Kelas Penduan Belajar, Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64

Nursyamsi SY, Aloysius duran, herawati susilo 2016 ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa’, Pendidikan, 1(10), p. 1996.

Sadirman 2014 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Salahudin, A. 2015 Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Suharsimi, A. 2014 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tampubolon, S. 2014 Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles