Penanaman Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Metode Da’i Cilik Pekanan Pada Hari Jumat Di SD Negeri 3 Sampora, Cilimus

Authors

  • Syaeful Qohar SD Negeri 3 Sampora

Keywords:

Da’i Cilik, Karakter, Pembiasaan

Abstract

Artikel ini dibuat sebagai upaya publikasi tentang pembiasaan yang dilaksanakan Peserta Didik dalam rangka pembentukan karakter dengan menggunakan metode pembiasaan pelaksanaan Da’i cilik tiap pekan pada setiap hari Jumat. Pendidikan kepribadian yang diperoleh anak dari aktivitas kesehariannya seringkali tidak teratur dan kurang sistematis, oleh karena itu pembiasaan pembekalan melalui Program Da’i Cilik dijadikan sebagai salah satu program yang diharapkan mampu mewujudkan generasi yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah dan berkarakter dengan tujuan agar siswa terbiasa untuk berbicara di depan umum serta tertarik untuk menggali materi yang akan disampaikan. Dalam Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dijelaskan bahwa PPK dilaksanakan dengan menerapkan delapan belas nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama  meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungjawab. Melalui kegiatan pembiasaan kultum ini karakter yang diharapkan bisa muncul pada diri peserta didik antara lain kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif gemar membaca serta tanggung jawab. Program Da’i Cilik ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sampora pada tiap pekan setiap hari Jumat pagi dan sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 hingga sekarang. Hasil yang terlihat dari program ini adalah munculnya siswa berprestasi dalam ajang lomba pidato dan dai cilik baik tingkat kecamatan maupun kabupaten.

References

Arsyad, A. 2014 Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Budiywono, E. 2017 ‘Pengaruh Variasi Metode Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Pendidikan, komunikasi dan pemikiran hukum islam, 8(2), p. 261.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Majid, A. 2013 Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mumu, J. and Tanujaya, B. 2016 Penelitian Tindakan Kelas Penduan Belajar, Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64

Nursyamsi SY, Aloysius duran, herawati susilo 2016 ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa’, Pendidikan, 1(10), p. 1996.

Sadirman 2014 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Salahudin, A. 2015 Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Suharsimi, A. 2014 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tampubolon, S. 2014 Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles