Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Numbered Head Together Berbantu Media Gambar SMAN 1 Gunung Terang

Authors

  • Muhamad Arifin SMA N1 Gunung Terang, Tulang Bawang Barat Barat, Lampung

Keywords:

Aktivitas belajar; Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Numbered Head Together; Media gambar

Abstract

Kegiatan Belajar merupakan suatu kebutuhan manusia untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas dirinya. Mata pembelajaran PAI tidak hanya menuntut peserta didik untuk memahami apa yang telah dipelajari, tetapi juga harus memberikan contoh-contoh sosial yang nyata di lingkungan masyarakat, dan juga ketakwaannya kepada Allah SWT. Pembelajaran PAI di sekolah Menegah Atas (SMA) hendaknya suatu kegiatan pembelajaran yang disenangi dan bermakna bagi peserta didik agar tujuan dari pembelajaran PAI dapat tercapai. Supaya pembelajaran disenangi dan diminati oleh para peserta didik, maka para pendidik harus mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat salah satunya strategi pembelajaran Numbered Head Together berbantu Media Gambar. Media gambar ini merupakan salah satu contoh media pembelajaran yang efektif yang mampu merangsang siswa untuk tertarik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan strategi numbered head together berbantu media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA N1 Gunung Terang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan analisis data bahwa dengan menggunakan strategi numbered head together berbantu media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Berperilaku Terpuji peserta didik kelas XI SMA N1 Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari tiap siklusnya.

References

Arsyad, A. (2014) Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Budiywono, E. (2017) ‘Pengaruh Variasi Metode Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Pendidikan, komunikasi dan pemikiran hukum islam, 8(2), p. 261.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Majid, A. (2013) Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mumu, J. and Tanujaya, B. (2016) Penelitian Tindakan Kelas Penduan Belajar, Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi.

Nursyamsi SY, Aloysius duran, herawati susilo (2016) ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa’, Pendidikan, 1(10), p. 1996.

Sadirman (2014) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Salahudin, A. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Suharsimi, A. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tampubolon, S. (2014) Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles