Gagasan dan Usaha Pendidikan Islam KH. Muhammad Bustomil Karim Lampung Tengah

Authors

  • Yuni Syarifah Fitriani SMA N 1 Bandar Ngeri Suoh

Keywords:

Gagasan, KH. Bustomil Karim, Pendidikan Agama Islam, Usaha

Abstract

KH. Bustomil Karim adalah seorang aktivis pendidikan Islam yang menjalani kehidupannya secara kompleks, baik di era tradisional maupun modern. Selanjutnya dalam bidang budaya, ia hidup di sekitar budaya timur yang santun. KH Muhammad Bustomil Karim merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam masyarakat. Ia selalu menjadi rujukan masyarakat dalam segala aspek kehidupan seperti agama, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan pendidikan Islam. Oleh karena itu, KH Muhammad Bustomil tidak hanya menjadi pemilik pesantren tetapi juga memiliki peran untuk mentransformasi masyarakat yang peduli terhadap penafsiran dan gaya hidup keagamaan, memberikan bukti-bukti konkrit terkait agenda perubahan sosial, dan ikut mendampingi dalam memimpin perilaku keagamaan, seperti muslim yang taat. orang yang menjadi referensi masyarakat. Penelitian kualitatif ini membahas tentang konsep dan upaya KH. Muhammad Bustomil Karim dalam pendidikan islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yaitu metode analisis isi, untuk mengkaji tentang konsep dan upaya Muhammad Bustomil Karim dalam pendidikan Islam. Selain itu, metode sejarah digunakan untuk memahami sejarah perjuangan KH Bustomil Karim dalam pendidikan Islam. Sumber utama penelitian ini adalah buku yang ditulis oleh Jamaluddin HB, dengan judul Biografi Simbah KH. Bustomil Karim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dan upaya KH. Bustomil Karim membangun pusat kegiatan keagamaan, mengajar tasawufakhlak di pesantren, dan melakukan kegiatan keagamaan. KH. Ide Muhammad Bustomil Karim dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menuntut ilmu agama dimulai dengan membangun masjid, musala, dan pesantren sebagai pusat kegiatan keagamaan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sana bertujuan untuk membentuk akhlak masyarakat. Dia melakukan program keagamaan dengan melaksanakan beberapa kegiatan, seperti kegiatan bulanan yang sering dirayakan pada 11, Qomariyah atau Welasan, acara tahunan besar yang dirayakan pada 11 Robi'ultsani yang dikenal sebagai haul Syekh' Abd al Qadir, acara keagamaan yang memiliki tujuan menjalin silaturahmi dan berbagi ajaran islam dengan memberikan nasehat agama dan tausiyah melalui outtawajuhan atau khataman.

References

Achmadi, Abu, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Aditya Media, 1992)

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991)

Ali, M. Daud dan Habibah Daud, Lembaga-lembaga Islam di Indonesia, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995)

Al Ghazali dalam Sakirman M Noor, Paradigma Pendidikan Islam, (Padang: Baitul Hikmah, 2000)

Al Jumbulati, Ali, Perbandingan Pendidikan Islam, (Jakarta: Rineka Cipta, 1994)

Al Qabsyi, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)

Al-Qur’anulkarim (Terjemah Tafsir Perkata), (Bandung: Syaamil Al-Qur’an, 2007)

Al-Thoumi al-Syaibany, Omar Mohammad, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, diterjemahkan oleh Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Ansori, Transformasi Pendidikan Islam, (Jakarta: GP Press, 2010)

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)

Arifin, M., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)

Azwar, Saifuddin Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999)

Bawani, Imam, Segi-segi Pendidikan Islam, ( Surabaya: Al Ikhlas, 1987)

Bisri, Cik Hasan, Penuntun Penyusunan Penelitian dan Penulisan Skripsi Bidang Agama Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1993)

Drajat, Zakiya dalam Ramayulis, Dasar-dasar Kepribadian, (Padang: Zaky Press Center, 2009)

Drajat, Zakiah, Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan, ( Jakarta: Bulan Bintang, 1987)

D. Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Al Ma’arif, 1964)

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hasan Fahmi, Asma, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang)

Jalaluddin, Psikologi Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997

Jamaluddin HB, Biografi Simbah KH. Bustomil Karim, (Lampung: Bintang CV, 2012).

Kusnadi, Edi, Metode Penelitian, (Bandar Lampung: Gunung Pesagi, 2000)

Kartono, Kartini, Pengantar Imu Pendidikan Teoritis, (Bandung: Mandar Maju, 1992)

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Al Husna, 1988)

----------, Manusia dan Pendidikan, Suatau Analisa Psikologi dan Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Al Husna, 1989)

----------, Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002)

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya, (Bandung: Trigenda Krya, 1993)

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nasution, Harun dan Bakhtiar Efendi, Hak Azazi Manusia dalam Islam, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1987)

Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Qutb, Muhammad, Sistem Pendidikan Islam, Terjemah, Salman Harun, (Bandung: Al Ma’arif, 1993)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2012)

Ramayulis, Psikologi Agama, (Jakarta: Kalam Mulia, 2004)

Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Saleh Abdullah, Abdurahman, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al Qur’an, Diterjemahkan oleh H.M. Arifin, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990)

Santoso, Gempur, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2005)

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Suharsono, Akselerasi Intelegensi, (Jakarta: Insani Pres, 2004)

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Suprayogo, Imam dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003)

Supriyono, Widodo, Filafat Manusia dalam Islam, Reformasi Filsafat Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Syaodih, Nana, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996)

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Zuhriyah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: teori aplikasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles