Peran Guru PAI Dalam Pendidikan Akhlak Peserta Didik di SMP N 3 Cukuh Balak

Authors

  • Sugianto SDN 2 Kacamarga Cukuh Balak Tanggamus

Keywords:

Guru Pendidikan Islam, Moral, Akhlak

Abstract

Pendidikan moral saat ini memiliki peran penting di suatu negara, sehingga layaknya pendidikan sekarang ini lebih diarahkan untuk membentuk karakter bangsa. Masalah yang timbul di bidang pendidikan, khususnya pendidikan moral merupakan tanggung jawab seorang pendidik (guru). Guru (pendidik) sebagai pelaksana kurikulum harus mampu menerapkan kurikulum dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang diamati dalam penelitian ini adalah apa yang harus dilakukan guru (pendidik) supaya pendidikan akhlak tidak hanya dipahami oleh peserta didik tetapi mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan metode interaktif dan non interaktif. Dalam pendidikan moral di sekolah, guru memiliki peran yang sangat dominan, sedangkan  peran  yang  dapat  dilakukan  oleh  guru  adalah sebagai berikut: 1). Peran guru sebagai pembimbing, 2). Peran guru sebagai model, 3). Peran guru sebagai penasihat

References

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Berkarakter. Bandung: Alfabeta, 2

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Jamil, Suprihatiningrum. (2014). Guru Profesional Pedoman Kerja, Kualifikasi Dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Mukhtar. (2003). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Misaka Galiza.

Nata, A. (2003). Akhlak Tasawuf dan karakter mulia. Jakarta: Rajawali Pers.

Pebakawati, Soeganda dan Harahab. 1982. Ensiklopedia Pendidikan Cetakan ke-3. Jakarta: Gunung Agung.

Saptono. (2017). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Salatiga: Penerbit Erlangga

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles